Newsticker

Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan SD Se-Kecamatan Coblong


Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan SD Se-Kecamatan Coblong

Sosialisasi penyelenggaraan pendidikan SD kepada guru dan kepala sekolah se-Kecamatan Coblong di Gedung Serbaguna Salman Kota Bandung, Kamis (6/4/2017). Acara tersebut juga dihadiri Kepada Bidang PPSD Dinas Pendidikan Kota Bandung Supardi, Kepala Seksi Kurikulum SD Deni Kurniadi, Kepada Seksi Kelembagaan dan Peserta Didik Yayat Karyati, Ketua MK2S Coblong Yaya Supriadi dan guru-guru sekolah Kecamatan Coblong.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto memberikan arahan kepada para peserta. Dalam arahannya, Yossi mengungkapkan bahwa pendidikan nasional dapat mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman kepada Tuhan, berakhlak mulia, sehat, berilmu, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Menurutnya, pendidikan juga harus memiliki prinsip demokratis dan berkeadilan serta menjunjung tinggi hak asasi manusia, keagamaan dan kemajemukan bangsa.

Pendidikan dalam penerapan sehari-hari
Pendidikan sebagai satu kesatuan yang sistematik dengan terbuka, tambah Yossi, harus bisa merangkul seluruh elemen masyarakat. Hal itu dilakukan agar proses pembudayaan dan pemberdayaan bisa terus berlangsung.

"Oleh karena itu, kita sebagai guru wajib memberikan materi yang baik agar seluruh murid bisa memahami dan menerapkannya dalam kehidupan sehari hari," ujarnya.

Ditambahkan Yossi, pendidikan pun memberikan keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas. Selain itu, pendidikan juga diselenggarakan dengan mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung.

"Hal itu dilakukan untuk mencerdaskan bangsa dan memberikan ilmu yang bisa digunakan untuk hidupnya," ujarnya.

Kompetensi para pendidik
Mengenai sistem pendidikan nasional, tambah Yossi, Kota Bandung pun telah menyusun strategi tahun 2014-2018. Dinas Pendidikan mempunyai beberapa misi diantaranya pelayanan pendidikan merata, pendidikan unggul dan bermutu, meningkatkan sarana dan prasarana, meningkatkan profesionalisme dan mutu tenaga pendidik, pendidikan berkarakter, pendidikan yang dapat memenuhi kebutuhan lapangan pekerjaan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, salah salah satunya dibutuhkan kompetensi para pendidik. Seperti guru yang memiliki kepribadian baik, nilai sosial dan yang terpenting adalah profesionalisme.

"Maka dari itu semua guru harus memiliki beberapa kriteria agar pendidikan khususnya di Kota Bandung semakin baik," tuturnya.

Yossi berharap kegiatan sosialisasi ini bisa memberikan hasil yang baik untuk pendidikan di Kota Bandung.

"Mudah mudahan hasil dari sosialisasi ini bisa ditetapkan. Insya Allah, jika sudah diterapkan maka pendidikan di kota Bandung akan berjalan baik," pungkasnya. (Humas Setda Kota Bandung)