Newsticker

Sesmenpora Terima Kunjungan Presiden ICYF-DC




Sesmenpora Terima Kunjungan Presiden ICYF-DC

Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto mewakili Menpora menerima kunjungan Presiden Islamic Conference Youth Forum of Dialogue and Cooperation (ICYF-DC) Elshad Iskandarov, di Ruang Kerja Graha Pemuda Lantai 3, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (10/4/2017) siang.

ICYF-DC merupakan Forum Dialog dan Kerja Sama Pemuda Negara-negara Anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang beranggotakan 57 negara. Kunjungan ini sebagai wujud mempererat persahabatan sekaligus dukungan terhadap keikutsertaan Indonesia sebagai calon Ibu Kota Pemuda OKI (OIC Youth Capital) pada kegiatan 2018 mendatang.

Tuan rumah kegiatan pemuda OKI 2018
Sesmenpora menyambut positif kehadiran Presiden ICYF-DC sehubungan dengan peluang Indonesia sebagai negara yang berpenduduk muslim terbesar di dunia yang akan menjadi tuan rumah kegiatan pemuda OKI pada tahun 2018 mendatang.

"Saya mewakili Menpora menyambut positif kedatangan Presiden ICYF-DC yang ingin melihat seberapa jauh komitmen pemerintah Indonesia menyambut kegiatan pemuda OKI yang akan dilaksanakan tahun depan," kata Sesmenpora.

Dukungan ICYF-DC terhadap Indonesia sangat besar untuk menjadi tuan rumah kegiatan pemuda tersebut, maka pada kesempatan ini Presiden ICFY-DC datang secara khusus dan sengaja hanya berkunjung ke Kemenpora.

"Kedatangannya secara khusus dan hanya ke Kemenpora guna memberi dukungan penuh kepada Indonesia karena dipandang wajar mengingat Indonesia berpenduduk muslim terbesar di dunia," tambah Sesmenpora.

Calon ibu kota Pemuda OKI
Dukungan juga disampaikan oleh Presiden ASEAN Muslim Students Assosiation (AMSA) Indonesia, Safwan Noor. Ia menilai Indonesia sangat layak sebagai calon ibu kota Pemuda OKI.

"Penduduk Indonesia yang mayoritas muslim, dengan jumlah pemuda hampir 62 juta dari 252 juta  penduduk di negeri ini, merupakan peluang strategis untuk berkontribusi dalam membangun peradaban masyarakat muslim di Dunia," jelasnya.

Presiden ICYF-DC Elshad Iskandarov sebelum ini sudah pernah ke Palembang, sehingga kunjungan kali ini selain misi dukungan juga sekaligus bernostalgia akan indahnya budaya dan keramahtamahan masyarakat Indonesia yang tersebar diberbagai kota.

 “Terima kasih atas sambutannya yang begitu hangat dan penuh keramahtamahan. Saya apresiasi atas partisipasi aktif Indonesia dalam berbagai forum pemuda negara-negara OKI. Indonesia berpotensi menentukan arah dan strategi organisasi ini mengingat Indonesia adalah negara dengan pemeluk Islam terbesar di dunia saat ini,” ujarnya.

Speperti diketahui, ICYF-DC adalah sebuah organisasi internasional yang berbasis di Istanbul berafiliasi dengan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dari 57 negara anggota, dan itu merupakan organisasi pemuda dan dewan pemuda dari negara-negara OKI. ICYF-DC bertujuan melakukan advokasi untuk kepentingan pemuda, mendukung pembangunan berkelanjutan, mempromosikan pendidikan formal dan non-formal, penguatan nilai-nilai moral generasi muda dan terlibat dalam dialog antar budaya dan peradaban.

Turut hadir menyambut Plt. Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, serta Asisten Deputi Peningkatan IPTEK dan IMTAQ Pemuda Esa Sukmawijaya. (SP)