Mekanisme Pendaftaran dan Jadwal Penting SBMPTN 2017





Mekanisme Pendaftaran dan Jadwal Penting SBMPTN 2017

Terkait dengan pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 telah dibuka pada 11 April hingga 5 Mei 2017 mendatang. Berikut press release dari Panitia Lokal 34 Bandung tentang mekanisme pendaftaran dan jadwal penting SBMPTN 2017.

Mekanisme Pendaftaran SBMPTN 2017
1. Calon peserta membaca informasi lengkap mengenai SBMPTN 2017 yang dimuat dalam Panduan SBMPTN yang dapat diakses di laman http://www.sbmptn.ac.id.

2. Calon peserta mengisikan data nama dan tanggal lahir pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.iduntuk mendapatkan Kode Akses Pendaftaran (KAP), Personal Identification Number(PIN), dan Slip Pembayaran. Slip Pembayaran memuat Kode Pembayaran yang diperlukan untuk melakukan pembayaran biaya seleksi.

3. Calon peserta melakukan pembayaran biaya seleksi sebesar Rp.200.000,00 (dua ratus ribu Rupiah) di salah satu bank mitra (Bank Mandiri, Bank BNI atau Bank BTN) dengan membawa Slip Pembayaran. Pembayaran pada Bank Mandiri dapat dilakukan melalui kantor cabang/teller,internet banking, ATM, dan SMS banking menggunakan kode pembayaran yang tercantum pada Slip Pembayaran. Demikian pula Bank BNI pembayaran dapat dilakukan melalui dilakukan melalui kantor cabang/teller, internet banking, ATM, SMS banking, BNI mobile banking, serta melalui Agen 46. Jika tidak ada akses kedua bank tersebut, alternatif pembayaran dapat dilakukan melalui ATM Bersama. Untuk pembayaran melalui Bank BTN dapat melalui kantor cabang/teller. Pembayaran biaya seleksi ini harus dilakukan dalam waktu 3 x 24 jam sejak pencetakan Slip Pembayaran.

4. Setelah melakukan pembayaran, peserta dapat melanjutkan proses pendaftaran di laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id
a. Calon peserta mengunggah file pasfoto terbaru (berwarna) yang sesuai dengan ketentuan
b. Calon peserta mengisikan data induk pada borang yang ditampilkan
c. Calon peserta mengisikan informasi SMA/SMK/MA asal sekolah termasuk tahun kelulusan
d. Calon peserta memilih Panlok tempat dimana akan mengikuti ujian, kemudian memasukkan program studi pilihan secara berurutan mulai dari program studi pilihan pertama dengan ketentuan:
a. Apabila peserta memilih program studi dari bidang ilmu seni dan keolahragaan, peserta juga harus mengisikan informasi PTN tempat dimana peserta akan mengikuti ujian ketrampilan tersebut. Untuk hal ini, calon peserta   harus terlebih dahulu membaca ketentuan yang berlaku di setiap PTN penyelenggara program studi yang akan dipilih, sehingga calon peserta dianggap sudah mengetahui tentang semua ketentuan yang berlaku di PTN yang dipilih.
b. Apabila peserta memilih untuk mengikuti ujian CBT, maka peserta akan ditentukan lokasi ujian CBT di PTN Penyelenggara yang termasuk dalam Panlok yang dipilih, sejauh kuota peserta ujian CBT di lokasi tersebut masih tersedia.
c. Calon Peserta mencetak Kartu Tanda Peserta sebagai tanda bukti sebagai peserta SBMPTN 2017

5. Bagi calon peserta yang ingin mengikuti program Bidikmisi
a. Wajib mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ terlebih dahulu.
b. Calon peserta program Bidikmisi yang tidak mendaftar SNMPTN dan dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, akan memperoleh KAP dan PIN untuk mendaftar SBMPTN melalui laman www.pendaftaran.sbmptn.or.id, tanpa harus membayar biaya ujian.
c. Sedangkan calon peserta program Bidikmisi yang mendaftar SNMPTN dan dinyatakan tidak lulus SNMPTN, juga bisa mendaftar SBMPTN tanpa harus membayar biaya seleksi dengan menggunakan KAP dan PIN SNMPTN yang diperoleh melalui Bidikmisi Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi.

Jadwal SBMPTN 2017
1. Pendaftaran online untuk PBT dan CBT dibuka mulai tanggal 11 April 2017 pukul 08.00 WIB sampai dengan 05 Mei 2017 pukul 22.00 WIB. Khusus pendaftar CBT waktu pendaftaran akan dibagi menjadi 2 tahap yaitu tahap pertama mulai tanggal 11 April pukul 08.00 WIB sampai dengan 25 april pukul 23.59 WIB atau tanggal sebelumnya sampai kuota tahap pertama habis dan tahap kedua mulai tanggal 26 april pukul 08.00 sampai dengan 5 Mei pukul 23.59 WIB.
2. Uiian tertulis (PBT dan CBT) : Selasa, 16 Mei 2017
3. Ujian Keterampilan : Rabu, 17 Mei 2017 dan/atau Kamis, 18 Mei 2017.
4. Pengumuman SBMPTN : Selasa, 13 Juni 2017

Panlok Bandung juga melayani peserta yang berkebutuhan khusus (tunanetra, tunadaksa, sakit, dll), namun peserta sebelumnya diwajibkan melaporkan diri ke Sekretariat Panitia.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Sekretariat SBMPTN 2016 Panitia Lokal Bandung di Kampus ITB, Jl. Ganesha No. 10 Bandung, Gedung Information Centre.
Telp (022) 2508137
Fax (022) 2511999
Website: http://sbmptn.ac.id
E-mail: sbmptnbdg@gmail.com
Twitter: @Panlok_34
Helpdesk:http://halo.sbmptn.or.id
Call Centre SBMPTN 2016: 0804-1-456-456

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS