Newsticker

Inilah Solusi Pemkot Bandung untuk Mengatasi Banjir Pagarsih




Banjir Pagarsih Bandung

Pada bulan Oktober-November 2016 lalu, pemberitaan kawasan Pagarsih ramai di berbagai media. Pada Pada 24 Oktober 2016, kawasan Pagarsih diterjang banjir besar. Saat itu satu unit mobil dan motor tiga roda terseret air. Mobil ditemukan keesokan harinya di bawah jembatan Jalan Pasirkoja.

Kejadian serupa terulang kembali pada 9 November 2016 yang menyeret dua mobil. Kawasan ini pun menjadi rentan banjir hingga sekarang bila hujan deras turun. Kerap terjadinya banjir yang menyergap Pagarsih tentunya sangat mengganggu aktivitas masyarakat. Selain itu, kegiatan ekonomi masyarakat pun terkena imbasnya. Seperti diketahui, kawasan Pagarsih merupakan salah satu denyut perekonomian masyarakat dalam usaha percetakan terbesar di Bandung.

Basement retensi air
Sebagai solusi atas permasalah banjir di Jalan Pagarsih, Pemkot Bandung tahun ini akan membuat basement retensi air. Hal ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan banjir yang kerap kali terjadi di wilayah tersebut. Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil secara langsung kepada warga Pagarsih seusai melaksanakan kegiatan Shalat Subuh Berjamaah di Mesjid Al-Khusyu Jl. Pagarsih Gg. Warga Asih Kelurahan Cibadak Kecamatan Astana Anyar Kota Bandung, Minggu (23/4/2017).

"Seluruh Pagarsih akan saya bongkar, mau dibikin basement, tapi basementnya bukan untuk parkir mobil, tapi untuk parkir air," tutur Ridwan.

Proyek pembangunan Basement Retensi Pagarsih yang telah selesai dilelang sejak awal tahun 2017 lalu diperkirakan menghabiskan anggaran sebesar 20 miliar Rupiah.

Ridwan meminta maaf kepada warga sekitar. Dirinya juga meminta agar warga memahami situasi pembangunan yang akan mendatangkan berbagai masalah seperti kemacetan.

"Saya minta maaf, mohon pengertiannya, jadi kota ini lagi sakit, mau dikasih obat tapi obatnya rada pahit, mohon maklum ketika proses konstruksi akan ribet," ucap Ridwan. Ia pun berharap proses pembangunan basement retensi ini dapat diselesaikan secepatnya.