Newsticker

Hari Jadi ke-376 Kabupaten Bandung: Festival Kamojang 2017


Festival Kamojang 15 April 2017

Aneka kegiatan pertunjukan seni budaya digelar dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-376 Kabupaten Bandung Tahun 2017. Seperti pada Sabtu (15/04) di Lapang Cianyar Desa Laksana Kecamatan Ibun digelar Festival Kamojang yang  mampu menyedot ribuan pengunjung. Dalam festival rakyat ini digelar berbagai jenis hiburan dan kamonesan warga

Ragam seni Sunda yang ada Kecamatan Ibun, seperti karinding, kaulinan barudak, dan seni tari-tarian turut memeriahkan event yang menjadi agenda wisata Kabupaten Bandung ini.

“Selama budaya itu dilindungi, dijaga, dan dilestarikan, bukan tidak mungkin warisan budaya yang ada di Kabupaten Bandung, khususnya kasundaan, bisa menjadi daya tarik pariwisata lokal di Kabupaten Bandung,” kata Bupati Bandung Dadang Naser, di sela-sela Festival Kamojang yang dipusatkan di Desa Laksana Kecamatan Ibun, Sabtu (15/4/2017).

Daya tarik wisata lokal
Budaya Sunda, tambah Dadang, bisa menjadi daya tarik wisata lokal yang berkelanjutan di Kabupaten Bandung, asalkan dijaga dan dilestarikan. Tidak saja oleh pemerintah tetapi juga oleh masyarakat dan komunitas setempat. Menurutnya, kegiatan ini di samping mengedepankan nilai asli dan tradisonal, wisata budaya  bisa ditampilkan dengan semangat kekinian.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung, Drs. H. Agus Firman Zaini, M.Si. mengungkapkan, Festival Kamojang yang dilakukan kedua kalinya ini akan menjadi agenda tahunan dalam mempromosikan budaya untuk pariwisata lokal di Kabupaten Bandung.

"Festival ini akan menjadi agenda tahunan Disparbud. Selain potensi wisata di Kecamatan Ibun yang luar biasa, daya tarik lain dari desa ini adalah panas bumi kawah Desa Kamojang atau Geowisata panas bumi, yang terdiri kawah danau Ciharus. Ke depan mungkin akan ada festival wisata lokal lainnya," kata Agus. Agus pun berharap agar ada komitmen dari semua pihak karena aktivitas kebudayaan akan menguatkan pariwisata dan akhirnya akan berdampak pada peningkatan ekonomi rakyat kawasan Kabupaten Bandung.