Newsticker

Dropbox, Layanan Pendaftaran BPJS Tanpa Mengantre



Pendaftaran BPJS memang menjadi masalah tersendiri bagi calon peserta. Banyaknya calon peserta BPJS yang daftar menyebabkan antrean yang panjang. Untuk mendapatkan nomor antrean, calon peserta kerap harus datang subuh. Inilah yang menjadi keluhan para calon peserta BPJS yang akan mendaftar karena waktu dan tenaga terkuras. Belum lagi bila ada berkas persyaratan yang kurang, terpaksa harus bolak-balik.

Untuk solusi tersebut, per 1 April 2017 BPJS Kesehatan Cabang Utama Bandung telah membuka penyerahan berkas pendaftaran dengan dropbox. Dengan dropbox  waktu antrean bisa dipotong. Jika biasanya masyarakat harus menunggu hingga 2 jam untuk menyelesaikan pendaftaran, kini mungkin cukup hanya 5 menit saja jika persyaratannya sudah lengkap. Untuk efisiensi dan efektivitas, sebelum memasukkan berkas ke dropbox, para calon peserta diharapkan benar-benar melengkapi berkas persyaratan.

Persyaratan pendaftaran BPJS melalui dropbox:
1. Fotokopo salinan Kartu Keluarga)
2. Fotokopi KTO
3. Fotokopi salinan rekening tabungan (di Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, atau Bank BTN)
4. Menyertakan alamat domisili lengkap, nomor ponsel aktif yang bisa dihubungi, dan alamat e-mail.
5. Memilih fasilitas kesehatan Faskes tingkat satu dan jenis kelas BPJS Kesehatan yang akan digunakan.
5. Seluruh persyaratan bersama formulir pendaftaran dimasukkan ke dalam map dan disimpan ke dalam box yang telah disediakan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Utama Bandung, Jalan Pelajar Pejuang 45, Turangga, Kota Bandung.
6. Setelah persyaratan disimpan di dalam box, calon peserta sudah boleh pulang dan tinggal menunggu konfirmasi dan mendapatkan nomor Virtual Account melalui SMS.
7. Apabila data yang kurang lengkap, pihak BPJS Kesehatan akan mengonfirmasi secara langsung melalui telepon. Seluruh proses pemasukan data tersebut akan dilaksanakan pada hari yang sama.

Lokasi dropbox lain:
- Bandung Indah Plaza (BIP) Jln. Merdeka
- Istana Plaza
* Lokasi dropbox dekat pusat informasi dan beroperasi setiap hari mulai pukul 11.00-18.00 WIB.

Informasi lain:
1. Sejak 1 September 2016, peserta BPJS Kesehatan dibekali 1 virtual account (VA) untuk satu keluarga. Hal tersebut untuk memudahkan peserta untuk membayar iuran dalam satu virtual account saja.
2. Metode pembayaran BPJS bisa via bank melalui teller maupun ATM di BNI, BRI, Bank Mandiri, atau Bank BTN.
3. Pembayaran melalu online bisa dilakukan di Kantor Pos, Alfamart, Indomaret, Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif dan Circle K.
4. Pembayaran iuran setiap bulannya maksimal dilakukan pada tanggal sepuluh.
5. Untuk calon peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri, per 1 Maret 2017 telah dapat mendaftarkan diri dan keluarganya melalui BPJS Kesehatan Cara center di nomor 1500-400. Caranya:
- Peserta menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor 1500-400
- Siapkan data yang dibutuhkan
- Nomor virtual accoun (VA) akan dikirimkan melalui nomor handphone atau email peserta.
- Bayar iuran 14 hari setela VA diterima.
- Kartu akan dikirim sesuai alamat peserta.