Newsticker

Dispora Kota Bandung Akan Tingkatkan Sarana Olahraga


Dedi Sopian  Sekretaris  Dispora Kota Bandung

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung tengah berupaya merevitalisasi sarana olahraga untuk warga di daerah Bandung bagian barat. Dikatakan Sekretaris Dispora Kota Bandung Dedi Sopian, pihaknya akan melakukan perbaikan sarana olahraga di kawasan Caringin.

Di daerah tersebut, terdapat 6 lapangan tenis dan lapangan futsal yang tahun ini akan mulai dipercantik agar warga lebih nyaman dalam berolahraga. Rencananya, tempat tersebut akan dijadikan lapangan indoor untuk badminton. Selain itu akan dibangun pula kolam renang rekreasi dan kolam renang prestasi.

“Selama ini, lapangan tenis itu kurang diminati oleh masyarakat, karena kesannya kalau tenis olahraga untuk menengah atas. Jadi 6 lapangan itu agak kurang optimal pemanfaatannya,” ujar Dedi dalam Bandung Menjawab di Media Lounge Balai Kota Bandung, Selasa (18/4/2017).

Alih fungsi fasilitas
Kurang optimalnya pemanfaatan oleh warga membuat biaya perawatan menjadi lebih berat. Aset-aset yang ada juga dinilai mubazir. Oleh karena itu, beberapa fasilitas akan dialihfungsikan menjadi cabang olahraga yang lebih dekat ke masyarakat setempat.

“Di sana itu banyak sekolah. Jadi sangat cocok kalau di sana ada kolam renang dan tempat futsal yang murah yang bisa dipakai warga,” imbuh Kepala Bidang Pembinaan dan Infrasruktur Olahraga Dasep Ruswana.

Menurut Dasep, selama ini kultur masyarakat Bandung sendiri sudah mulai menggemari olahraga. Warga sudah mulai sadar akan pentingnya berolahraga untuk kebugaran dan kesehatan. Maka, tugas pemerintah kota adalah memberikan fasilitas sebaik-baiknya untuk mereka gunakan.

“Masyarakat sudah sadar berolahraga. Sudah menjadi budaya dan lifestyle. Dengan demikian tantangan kita adalah memperbaiki dan mengoptimalkan sarana yang ada,” kata Dasep.

Revitalisasi kawasan Gedebage
Penyediaan fasilitas tersebut juga dimaksudkan untuk mendorong pembinaan para atlet yang akan bertanding membawa nama Kota Bandung. Dengan sarana dan prasarana yang memadai, Dasep optimis prestasi olahraga Kota Bandung akan semakin cemerlang.

“Prestasi akan mengikuti jika sarana kita perbaiki. Kita akan lakukan pengembangan-pengembangan sarana, karena kalau pengadaan lagi, cari tanah sudah susah. Makanya yang ada saja direvitalisasi,” lanjutnya.

Mimpi Dispora Kota Bandung dalam jangka menengah ini adalah ingin memiliki pusat aktivitas olahraga yang representatif. Saat ini, kawasan Gedebage adalah titik yang tengah diupayakan untuk sentra kegiatan kepemudaan dan olahraga.

“Akan lebih banyak lagi cabor-cabor yang difasilitasi. Cita-cita kami ingin Gedebage jadi kawasan olahraga yang akan membuat Kota Bandung menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya. (Humas Setda Kota Bandung)