Newsticker

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung Gelar Lomba Bercerita


Lomba Bercerita Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bandung Gelar Lomba Bercerita

Rabu, 26 April 2017, dalam rangka memperingati Hari Buku Sedunia dan Hari Kartini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Bandung menggelar Lomba Bercerita Tingkat TK/PAUD, SD/MI, dan guru PAUD di Gedung Dispusip Kota Bandung Jln. Seram no. 2 Bandung. Lomba ini diikuti oleh 20 orang anak PAUD, 40 orang anak SD, dan 20 orang guru PAUD .

Neti Supriati selaku Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan menyatakan bahwa kegiatan ini salah satu upaya untuk meningkatkan minta baca mulai dari anak usia dini sampai orang dewasa.

Salah satu juri, Bunda Susan dari akademisi Perpustakaan UPI  mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, dengan kegiatan ini untuk ajang seleksi ke perlombaan nanti di tingkat Provinsi Jabar. Nantinya, dua juara bakal diikutsertakan maju ke lomba serupa di Dispusipda Jawa Barat.

Melalui seleksi, akan terlihat anak mampu bercerita bukan hanya menceritakan bacaannya saja tapi anak dapat berani tampil. Ini bisa jadi modal dalam mengikuti lomba bulan November mendatang di Dispusipda Jawa Barat.

Dalam kategori lomba anak TK/PAUD masih nampak gaya bercerita seperti bercerita ala ibu. Namun, anak-anak  menampilkan keberanian dan kiranya harus dipahami pula karakteristik anak TK/PAUD. Adapun dewan juri pada perlombaan ini, di antaranya:
1. Juri kategori siswa SD:  Susanti Agustina, Heny Helmina, dan Dante Rigmalia.
2. Juri kategori siswa PAUD: Mubiar Agustin, Elly Hartika, dan Mulyani.
3. Juri kategori guru PAUD: Nike Kamarubiani, Diane Fatmawati, dan Theresia.

Dewan juri menilai lomba ini bukan sekadar lomba tapi bagaimana membaca menjadi kebiasaan dan dapat menjawab pertanyaaan juri. Berikut ini daftar pemenang Lomba Bercerita Tingkat TK/PAUD, SD/MI, dan guru PAUD Dispusip Kota Bandun:

Tingkat GuruJuara 1: Ibu Wini Nurhamidah dari Kec. Kiaracondong
Juara 2: Ibu Dewi dari Kec. Batununggal
Juara 3: Ibu Yunia dari Kec. Bandung Kidul

Tingkat PAUDJuara 1: Riko dari PAUD Imanda Kec. Andir
Juara 2: Dari PAUD Nurul Iman Kec. Cibiru
Juara 3: Ingkang Aksara Putara dari Lare Alit

Tingkat SDJuara 1: Melati Puspita Sari dari SDN Cikutra
Juara 2: Selly Siti Nurjanah dari SDN 243 Cicabe
Juara 3: Sahda Widia dari SDN Jaka Pura

(Santi)