Informasi

Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Tingkat Kota Bandung Tahun 2017




Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Tingkat Kota Bandung Tahun 2017

Selasa, 11 April 2017, berlangsung apresiasi Guru dan Tenaga (GTK) PAUD dan Dikmas tingkat Kota Bandung yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana. Dalam sambutannya Elih menyampaikan agar kegiatan ini bisa jadi motivasi pada apresiasi GTK tingkat nasional.

"Saya berharap Kota Bandung bisa memanfaatkan kearifan daerahnya sendiri dan bisa menjadi juara umum bertahan di tingkat Nasional " ungkap Elih Sudiapermana.

Seleksi kader-kader terbaik
Diselenggarakannya apresiasi GTK tingkat kota ini bertujuan untuk menyeleksi kader-kader terbaik untuk mewakili Kota Bandung di tingkat provinsi. Apresiasi di tingkat provinsi ini akan dilaksanakan pada tanggal 5 - 6 Mei yang bertempat di kampus UPI Bandung.

Sebelumnya, pada Rabu, (12/4/2017, dilaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) bagi peserta yang telah terpilih untuk maju ke tahap selanjutnya yakni tingkat Provinsi. Apresiasi tingkat Provinsi ini diikuti oleh 27 Kab./Kota se-Jawa Barat  yang diikuti oleh 530 peserta.

Salah satu juara pada GTK PAUD dan Dikmas Kota Bandung yang berkesempatan melaju ke tingkat provinsi yaitu Rida Fitriyani dengan kategori Tutor Pendidikan Keaksaraan, dari PKBM Bina Cipta Ujungberung. Rida Fitriyani merupakan mahasiswa di PLS UPI, dan telah lama aktif di berbagai kegiatan PNFI.

"Saya mengikuti apresiasi ini karena dukungan dari orang tua,  keluarga, teman, khususnya keluarga saya di PKBM Bina Cipta Ujungberung,  yang sudah men-support saya untuk mengikuti lomba ini. Saya pun ingin memperkenalkan inovasi yang sudah saya buat untuk sedikitnya membantu pendidikan keaksaraan di Indonesia," tutur Rida.

PKBM Bina Cipta Ujungberung sendiri telah berdiri sejak tahun 2009 dan pada tahun 2016 wakilnya berhasil mengikuti GTK PAUD dan DIKMAS tingkat Nasional, bahkan menyabet juara 1 untuk Pengelola TBM.

Dua orang perwakilan
Tahun ini PKBM Bina Cipta Ujungberung mengikutsertakan dua orang, selain Rida ada pula Oka Rizky Rochmana yang masuk menjadi juara ke-3 di kategori Tutor Paket B. Oka merupakan salah satu relawan PKBM BCU yang aktif pula di ranah PNFI dan koperasi.

"Awalnya saya sempat pesimis dengan apa yang akan dilombakan di apresiasi GTK PAUD dan Dikmas. Ini karena berbagai kondisi yang mengharuskan saya fokus di beberapa bidang lain yang menyangkut akademik dan pekerjaan," ungkap Oka.

Namun, tambah mahasiswa tingkat akhir PLS UPI Bandung ini, dengan adanya dukungan dari seluruh kolega dan keluarganya, khususnya dari Santi Susilawati (Ketua PKBM BCU) dan Risa Ristiani, rekan seperjuangan yang telah lebih dulu menjadi juara di GTK tahun sebelumnya, ia pun menjadi semangat kembali dengan tampil sebaik dan semaksimal mungkin di GTK dan meraih apresiasi pada kali ini. (SBR-003)