Newsticker

Tips Wisata di Bandung Saat Musim Hujan



Saat musim hujan, sektor wisata menjadi salah satu yang langsung terkena imbas. Tingkat kunjungan wisatawan biasanya menurun karena ragam pertimbangan dari para pelancong. Namun di sisi lain, Bandung tetaplah kota yang menggoda untuk dikunjungi wisatawan terutama saat akhir pekan dan tanggal merah. Bagi yang ingin wisata  ke Bandung saat musim hujan, beberapa tips berikut mungkin bisa jadi referensi Anda.

1. Cek update kondisi cuaca
Bila Anda memilih destinasi wisata ke alam terbuka seperti ke kawasan wisata Lembang dan Ciwidey, ada baiknya selalu cek prakiraan cuaca di hari Anda akan melakukan kunjungan. Anda bisa mengecek prakiraan cuaca di Google Weather ataupun di situs/medsos BMKG. Ini untuk referensi Anda kapan waktu pas Anda berkunjung.

Dari beberapa tempat wisata di alam terbuka yang bisa jadi pilihan, salah satunya yang paling pas adalah berendam di air panas.  Anda bisa memilih tempat wisata pemandian air panas kawasan Ciwidey seperti di pemandian Ciwalini, Cimanggu, atau Ciwidey Valley Resort. Untuk kawasan utara bisa berendam di Maribaya Hot Spring atau ke Ciater.

Beberapa kawasan terbuka lain yang patut diperhatikan saat musim hujan adalah tempat wisata area publik. Misalnya, kawasan Gedung Merdeka dan Alun-Alun Bandung, kawasan Gedung Sate dan Gasibu, atau ke public space lainnya yang lagi ngehits di Bandung (Taman Balai Kota, Taman Sejarah, Cikapundung Riverspot, Teras Cikapundung, Teras Cihampelas, Taman Hutan Kota Babakan Siliwangi, dll).

2. Pilih tempat wisata indoor
Ini merupakan wisata yang paling aman saat musim hujan. Beberapa tempat wisata dalam ruangan di Kota Bandung bisa jadi pilihan Anda. Bagi yang bawa anak, bisa main di Trans Studio Bandung (TSB); Fun Station di kawasan Perumahan Mekarwangi;Next Level di Paris van Java Mall; atau wisata foto terbalik di Upside Down World Bandung di kawasan Jln. Dipatiukur; ada juga wisata foto 3D Amazing Art World di bekas Rumah Sosis dekat Terminal Ledeng.

Bisa juga Anda dan keluarga memilih tempat wisata semi-indoor, dimana saat hujan turun bisa berteduh sejenak. Tempat wisata konsep semi-indoor ini banyak ditemui di Bandung, seperti di Floating Market Lembang, D'Ranch Lembang, Rumah Hobbit Farmhouse Lembang, The Lodge Maribaya, dan lainnya.

3. Wisata kuliner
Nah, ini yang paling pas waktu liburan di Bandung saat musim hujan. Wisata berburu kuliner bisa jadi pilihan Anda. Beberapa rekomendasi lokasi wisata aneka kuliner bisa ke kawasan Jln. Burangrang; area Pasirkaliki Food Market; wisata kuliner sekitaran Jln. Setiabudhi (Ledeng) dan Lembang; atau ke kawasan Puncak Ciumbuleuit (Punclut).

4. Wisata belanja
Wisata belanja di Kota Bandung memang bisa jadi pilihan saat musim hujan. Anda bisa mengunjung factory outlet, distro, atau ke sentra-sentra belanja seperti ke Pasar Baru.

5. Siapkan perjalanan Anda
Bila bawa kendaraan pribadi harap siap-siap saja untuk menghadapi kendala kemacetan di Bandung bila turun hujan. Bandung dari dulu dikenal dengan banjir cileuncang atau air menggenang. Memang biasanya tidak lama nantinya akan surut sendiri. Namun ini kadang bikin para pelancong yang bawa kendaraan jadi mumet.

Solusinya, lebih baik pergi menuju tempat wisata atau tempat kuliner saat hujan sudah benar-benar reda dan banjir cileuncang pun sudah surut. Untuk melihat titik-titik kemacetan, silakan bisa buka Google Traffic atau aplikasi Waze. Untuk update lalu lintas di Bandung, bisa cek di akun twitter @prfmnews. Lainnya, siapkan kendaraan Anda yang laik untuk melakukan perjalanan.

Bagi yang wisata ke kawasan Ciwidey atau Lembang, jangan lupa bawa pakaian hangat. Maklum saja, hari biasa saja sudah dingin apalagi saat musim hujan. Begitu pula persiapan obat-obatan pribadi yang diperlukan. Bagi yang menggunakan kendaraan umum, ada baiknya sudah ditentukan rute mana dan angkutan umum apa saja yang akan Anda gunakan. Apakah akan naik angkot, bus DAMRI, naik ojek online, atau sewa kendaraan online.