Newsticker

TBM Rumah Baca Ujungberung Kembangkan Gerakan Literasi




Gerakan peningkatkan minat baca tidak hanya datang dari sekumpulan kelompok tetapi gerakan tersebut bisa datang dari rumah sederhana dengan koleksi buku yang terbatas dan sarana yang minim sekali. Tahun 2009, ide menyelenggarakan taman bacaan mulai terbangun tepatnya tanggal 14 Mei 2009.

Program yang berada di bawah satuan  Pendidikan Nonformal yaitu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Cipta Ujungberung menambah suasana baru di daerah  Andir Kaler No.05 RT 06 RW 03, Kelurahan Cigending, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung.

Misi PKBM Bina Cipta Ujungberung
 Berbekal ilmu Pendidikan Luar Sekolah, nyatanya pengelola mampu mengimplementasikannya dalam kegiatan sehari-hari. Dengan sebuah visi  yang dibangun bersama yaitu menumbuhkan dan meningkatkan  minat baca, budaya baca serta cinta buku mampu menguatkan misi selanjutnya, yaitu:

- Tersedianya sarana belajar sepanjang hayat melalui bacaan bermutu dari berbagai disiplin ilmu dan bidang kehidupan.
- Mewadahi dan menyalurkan minat dan bakat anggota untuk mengembangkan potensi diri melalui kegiatan membaca menjalin  kerja sama dengan semua pihak yang peduli terhadap pendidikan dan pemberdayaan masyarakat melalui taman bacaan.
- Menyediakan taman bacaan sebagai tempat rekreasi rohani  yang representatif dan akomodatif bagi kepentingan anggotanya.

Pada tahun 2013 legalitas TBM Rumah Baca Ujungberung mulai diakui oleh dinas dengan diperkuat oleh dikeluarkannya surat ijin pendirian no : 421.10/195-Disdik/2013 melalui beberapa proses. Pada tahun tersebut TBM Rumah Baca Ujungberung dapat menyabet juara 1 Lomba Pengelola TBM tingkat Kota Bandung pada acara Apresiasi PTK yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

PKBM tersebut diperkuat dengan kegiatan antara lain, membaca,  membangun satelit B-11, kelas mendongeng, kelas bahasa Inggris dan mandarin, pelatihan/workshop/diklat, wisata literasi, lomba/ festival, pemagangan, riset mahasiswa, dan lainnya. PKBM Binca Cipta pun pernah mendapat penghargaan Duta Baca RBU.

Kemitraan
Kegiatan literasi TBM Rumah Baca Ujungberung menggaet kemitraan dengan beberapa instasi pemerintah ataupun swasta yang mampu membangun jejaring lebih baik di antaranya adalah dengan Dinas pendidikan Provinsi dan Kota Bandung, Penilik PLS , P2 PAUDNI Jayagiri, Perguruan tinggi UPI dan UNINUS, Dispusibda Jawa Barat, Dispusib Kota , Balai Bahasa , Dispusip Kota Bandung, Sponsor, Bank BJB, Komunitas, Kemenpominfo, dan banyak lagi.

Terpenting dalam gerakan literasi di TBM adalah tujuan untuk menyediaan bahan bacaan yang berkualitas dalam jumlah dan variasi judul, membangkitkan minat dan budaya baca masyarakat untuk membaca dan belajar, sehingga tercipta masyarakat yang cerdas.

Selain itu, juga menyediaan sarana dan prasarana baca yang lebih baik; memberikan bimbingan teknik membaca cepat; teknik membaca belajar efektif, menyelenggarakan kegiatan pembudayaan kegemaran membaca sesuai dengan potensi lokal; dan berupaya memberikan layanan kebutuhan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi.

Mengembangkan budaya literasi
Berjalan seiring waktu, penggelolaan TBM RBU berpindah alih kepada Rachmannur yang saat itu sudah menjadi bagian dari keluarga besar RBU. berkat ketekunan dan kegigihannya, Rachmannur mampu menggerakkan masyarakat untuk melakukan kegiatan literasi.

Kerja keras dan kegigihan tahun tersebut pada tahun tersebut pula Rumah baca Ujungberung mempunyai kesempatan mengikuti lomba Aprisiasi GTK PAUD dan Dikmas mulai tingkat kota, provinsi sampai  juara 1 Tingkat Nasional.

“Bagi kami apresiasi dari masyarakat dan apresiasi lomba mampu menjadi tolok ukur kemampuan gerakan kecil kami. Gerakan kami ini untuk menjangkau wilayah yang lebih luas, karena saat ini kami baru mampu melayani literasi sampai tingkat kota. Dari sebuah penghargaan kami dapat belajar lebih baik, satu keunggulan yang kami punya adalah membangun relawan yang sifatnya tidak mengikat. Dan sampai saat ini kami bersama relawan bekerja sama meningkatkan minat baca melalui gerakan literasi,” ungkap Santi Susilawati selaku Pengelola PKBM Bina Cipta Ujungberung.