Newsticker

Ridwan Kamil Luncurkan Program Gerakan Berjalan Kaki ke Sekolah


Satu lagi imbuan gerakan dari Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang menyasar pada anak-anak sekolah. Kali ini adalah gerakan berjalan kaki bagi anak-anak sekolah. Dalam akun instagramnya pada tanggal 1 Maret 2017, Ridwan Kamil mengunggah foto sedang jalan kaki bersama anak-anak sekolah dengan caption: Melatih dan menemani tiap Rabu agar anak-anak sekolah berjalan kaki dari rumah atau berhenti agak jauh dari sekolah untuk berjalan kaki. Sehat, hemat, anti macet.

Bertempat di halaman Paviljeon Hotel, Jalan RE Martadinata Bandung, Rabu (1/3/2017), Ridwan Kamil melakukan sosialisasi Gerakan Bandung Disiplin dengan tema “Nyatakan Cintamu dengan Berjalan Kaki”.

"Hal ini bagian dari program pemerintah kota untuk melatih budaya berjalan kaki sekaligus mengurangi kemacetan. Trotoar kan sudah lebih baik, sudah diperlebar sehingga nyaman untuk berjalan kaki,” kata Ridwan Kamil.

Manfaat berjalan kaki
Kang Emil pun menambahkan bahwa dengan berjalan kaki, menghasilkan kegiatan positif yakni badan menjadi sehat, mengurangi kematen dan hemat ongkos. Imbauannya, jika ke sekolah jaraknya dekat, anak-anak tidak usah memakai mobil atau naik motor. Sementara bagi yang biasa diantar menggunakan mobil pribadi sekolah, sekitar 500 meter dari gerbang sekolah diimbau untuk turun dan jalan kaki menuju sekolah.

Untuk mendukung program gerakan jalan kaki tersebut, Pemkot sendiri telah membenahi trotoar sehingga nyaman untuk pejalan kaki. Namun yang terpenting dengan gerakan ini bisa membantu mengurangi kemacetan di ruas-ruas jalan Kota Bandung.

Maklum saja, di beberapa sekolah yang dekat dengan jalan raya di pusat Kota Bandung biasa terjadi kemacetan saat jam masuk sekolah. Banyaknya mobil yang mengantar murid-murid kerap memacetkan arus lalu lintas. Begitu pula saat jam pulang sekolah, bukan hanya mobil pribadi, angkutan kota (angkot) pun kerap ngetem di pinggir.