Newsticker

Pemesanan Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Mulai 17 Maret 2017



Dalam kalender 2017, Hari Raya Idul Fitri hari pertama dan kedua jatuh pada hari Minggu dan Senin, 25 dan 26 Juni 2017. Tradisi mudik pun akan berlangsung beberapa hari sebelum hari Lebaran tersebut. Dan kereta api sebagai salah satu transportasi pilihan masyarakat dipastikan menjadi primadona.

Pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) sendiri dari bulan sekarang sudah menyiapkan untuk pembelian tiket kereta api untuk mudik Lebaran tahun ini. Tiket kereta api sudah bisa dipesan dari dari H-10 atau mulai hari Jumat, 17 Maret 2017 Penumpang sudah bisa membeli tiket kereta api ke berbagai tujuan untuk H-10 atau keberangkatan pada tanggal 15 Juni 2017.

"Biasanya, calon penumpang akan mencoba terlebih dahulu untuk mendapatkan tiket keberangkatan yang dekat dengan hari Lebaran. Kami prediksi, pembelian tiket yang paling diminati untuk keberangkatan adalah pada H-5 sampai dengan H-3. Lalu, kalau memang sudah habis, maka penumpang akan memesan tiket yang masih ada saja,” kata Vice President (VP) Public Relation PT KAI Agus Komarudin.

Tempat pemesanan tiket kereta api mudik Lebaran 2017
Untuk pemesanan bisa dilakukan melalui website PT KAI di www.kereta-api.co.id atau melalui aplikasi KAI Acess yang bisa diunduh di smartphone. Selain itu, pemesanan pun tersedia secara online di beberapa situs penjual tiket dan di gerai-gerai mini market.

Sementara untuk mengantisipasi banyaknya calon penumpang yang mengakses situs KAI demi mendapatkan tiket,  PT KAI telah menyiapkan sejumlah "server gate" yang akan menampung banyaknya pengakses. PT KAI pun seperti biasa kemungkinan akan menambah rangkaian kereta api baru. Rencananya, PT KAI akan mendatangkan tiga set KA baru buatan PT Inka, yang masing-masing terdiri atas 11 KA.

Pada mudik 2016, PT KAI menyiapkan lebih dari 4 juta kursi kereta api reguler atau 200 kursi kereta api reguler per hari untuk angkutan mudik. Tahun lalu, PT KAI pun menyediakan 344 perjalanan KA reguler ke Jawa dan Sumatera. Jumlah tersebut naik dari Lebaran tahun sebelumnya yang tercatat 340 perjalanan.