Newsticker

Humas Pemkot Bandung Pemenang Utama PR Indonesia Awards 2017


Lebih dari 220 penghargaan dari berbagai bidang diraih oleh Pemerintah Kota Bandung sejak tahun 2013, kinerja Aparatur Sipil Negara dibawah kepemimpinan pasangan Wali Kota Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Oded M Danial sekali lagi mendapat apresiasi.

Kali ini penghargaan disumbangkan dari Humas Pemkot Bandung dengan diraihnya penghargaan sebagai pemenang utama PR INDONESIA AWARDS (PRIA) 2017 Kategori Media Relations Regional Jawa Subkategori Pemerintah Kota.

Semangat open government
Sekretaris Daerah Kota Bandung, Yossi Irianto menerima langsung penghargaan tersebut, yang diserahkan oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayor Jenderal TNI Wuryanto didampingi CEO PR Indonesia, Asmono Wikan saat acara di Ballroom Hotel Harris Sunset Road Kuta, Bali, Jumat (24/03/2017)

Usai menerima penghargaan Yossi mengatakan, "Saya terkesan apa yang tadi dalam acara disampaikan, selama ini Public Relations selalu ditempatkan di belakang, namun di Kota Bandung Humas kita dorong selalu di depan apalagi dengan semangat open government," ujarnya

Lebih lanjut dikatakannya, "Dengan kekuatannya Humas bisa tampil didepan untuk bisa meraih kepercayaan publik, saya dari sisi pemerintahan humas ini mendorong open government yang tidak hanya menyampaikan pesan namun jadi pelaku utama seperti PPID," terang Yossi

Di Bandung, dikatakan Yossi, betapa pentingnya peran Humas dan pemerintahan Bandung sangat merasakan itu. Menurut Yossi, Kang Emil (sebutan Wali Kota Bandung) sangat memanfaatkan itu melalui media sosial untuk dekat dengan masyarakat.

Berdiri sejak 2017
Sesuatu yang baru diungkapkan Yossi bahwa di dalam Pemerintah Kota Bandung, Humas ditempatkan tersendiri melalui SOTK baru sejak januari 2017 terpisah dari Diskominfo. Hal tersebut agar lebih Diskominfo lebih fokus dengan smartcity. Sedangkan Bagian Humas lebih condong menyeruak ke depan membentuk jati diri yang baik.

Terkait penghargaan didapatkan oleh Pemerintah Kota Bandung setelah melalui tahapan dan pengamatan yang panjang sejak tahun 2016 melibatkan tim dewan juri yang terdiri dari unsur unsur pakar PR, praktisi PR, konsultan/agensi PR, tokoh asosiasi/organisasi PR, fotografer, jurnalis senior, praktisi desain dan branding.  Mereka menilai dengan lima kategori kompetisi yakni kategori media relations awards,  kategori media internal, kategori program PR, departemen PR, dan kategori platinum awards.

Khusus kategori media relations yang diterima sebagai Pemenang Utama oleh Pemerintah Kota Bandung, tim dewan juri tersebut bekerja sama dengan PT ISENTIA untuk memonitoring pemberian pemerintah daerah / kementerian / korporasi / lembaga / organisasi di 20 media cetak mainstream dan nasioanal selama tahun 2016.

Tahun ini Majalah PR Indonesia menyelenggarakan kompetisi kehumasan / Public Relations (PR) tingkat nasional paling komprehensif, kompetisi ini digelar untuk memberikan penghargaan bagi setiap kreativitas humas/public relations (PR) yang mampu mewujudkan credibility and trust dimata stakeholder suatu pemerintahan/korporasi/lembaga/organisasi. (Humas Setda Kota Bandung)