Informasi

Disperindag Jabar Gelar Pelatihan Animasi 3D




Peluang bagi kreator animasi 3D sangat terbuka lebar di Indonesia. Para kreator bidang ini masih terbilang minim sementara pasar untuk animasi 3D kian terbuka lebar seiring berkembangnya media teknologi informasi dan hiburan. Salah satunya jalur karir lain yang populer untuk animator 3D di komputer dan konsol permainan (games). Hampir semua game elektronik modern bergantung pada beberapa bentuk animasi 3D.

Apalagi media seperti menjual aplikasi games di Play Store sangat menggiurkan. Animasi 3D pun biasa digunuakan untuk pembuatan film ataupun iklan. Animasi 3D juga digunakan dalam desain web, desain grafis dan periklanan. Dalam penerapannya, animator 3D menggabungkan kemampuan ilmu pengetahuan, skill, seni, kerja sama tim, dan pandai membaca peluang pasar.

Digelar di PT INTI Bandung
Pelatihan Animasi 3D diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat ini merupakan bekerja sama PT INTI, RICE Bandung, Abigdev Community, dan Shaffindo Megakreassi. Pelatihan tersebut digelar selama lima hari  mulai tanggal 20 - 24 Maret 2017 dari pukul 08.00-16.00 WIB bertempat di Regional Information Technology Center of Excellence (RICE) - PT INTI Gedung S lantai 2 Jl. Moch Toha No. 77 Bandung.

Materi yang diberikan seputar pembelajaran menggunakan aplikasi multimedia blender dan yang lainnya. Pada hari pertama pematerian peserta dikenalkan dengan animasi 3D dan modeling. Hari kedua mengenai story board, story line, dan animasi.  Pada hari ketiga dibahas tentang teknik mengolah suara, animation, dan motion. untuk hari keempat peserta diberikan materi mengenai prototype dan produksi animasi. Sementara pada hari terakhir peserta diwajibkan mempresentasikan produk animasi yang telah ditugaskan pada hari sebelumnya.

Membuka kesempatan kerja dan wirausaha
Pada awal pertemuan juga dilakukan pre-test dan pada akhir pertemuan akan dilakukan pos-test dengan soal yang sama. Hari pertama pelatihan dihadiri sekaligus dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan,  Hening Widiatmoko. Dalam sambutannya Hening memotivasi peserta pelatihan agar bisa menjadi sebuah agen perubahan di tempat masing-masing dengan bekal ilmu pengetahuan dari pelatihan ini.

"Sebagai generasi ITK harus bisa menguasai teknologi yang sangat diperlukan saat ini," tutur Hening Widiatmoko. Animasi digital, tambah Hening, menjadi bagian dari produk jasa yang berbasis manusia yang menjadi penting pada masa modern ini. Dengan pelatihan ini, diharapkan menjadi jembatan para peserta untuk mencari pekerjaan atau bahkan menciptakan lapangan pekerjaan.