Newsticker

Aneka Tumbuhan yang Disebutkan dalam Al-Quran Ada di Sini


Indonesia memiliki cuaca dan tanah yang cocok untuk tumbuhnya ragam tanaman dan tumbuhan. Kesuburan tanah inilah yang bisa dibuktikan seperti pada salah satu kebun milik Asep Bejo di daerah Pasirluhur, Bandung. Uniknya, di kebun yang dikelolanya banyak dijumpai tumbuhan dan tanaman yang biasanya tumbuh di daerah luar Indonesia.

Pemilik kebun yang biasa dipanggil Kang Asep menamai kebunnya ini dengan "Kebun al-Qur'an Bandung". Alasan Kang Asep memberi nama tersebut karena tanaman yang ada di tempatnya ini semua disebut dalam al Quran, seperti buah tin, zaitun, dan kurma.

Aneka tumbuhan dalam al-Qur'an
Di kebunnya ini, pengunjung bisa mengenal jenis-jenis tanaman yang jarang dijumpai di kebun lain, seperti bidara, cabai brazil, buah tin, buah zaitun, kurma, pisang, dan tanaman herbal lainnya. Sampai saat ini, sudah banyak yang berkunjung ke kebun yang dikelola Kang Asep ini. Bahkan, pengunjung dari Malaysia pun pernah berkunjung ke kebunnya tersebut.

"Tamu yang datang ke tempat ini alhamdulilah sudah banyak, dari mulai pelajar sampai pengusaha. Bahkan dari luar negeri pun pernah datang ke kebun ini," ujar pria yang juga ahli di bidang terapi herbal ini.

Di kebun milik Kang Asep ini, selain bisa tahu nama-nama jenis pohon atau tanaman yang disebutkan di dalam Al-Quran, pengunjung pun bisa mendapat wawasan tentang manfaat dari pohon-pahon tersebut. Selain itu, pengunjung bisa belajar mengenal seputar aneka tanaman herbal yang ada di lingkungan kita dan apa saja manfaat dari tumbuhan tersebut.

Lokasi di Jln. Padasuka
Untuk berkunjung ke tempat ini, pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis. Kebun ini beralamat di Jln. Pasir Luhur, Gg. Buah 4 RT 01 RW 11 No. 114, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimenyan. Kab. Bandung. Untuk informasi lebih lengkap bisa kontak ke nomor telepon atau WhatsApp 0853-1455-5785 / 0881-823-3595.

Bagi yang naik angkutan umum bisa berhenti di depan Jln. Padasuka. Adapun angkot yang lewat ke depan Jln. Padasuka jurusan: Cicaheum - Ciroyom, Cicaheum - Ledeng, atau Cicaheum - Cileunyi. Dari depan Jln. Padasuka bisa naik ojek dan minta diantar ke kebun Kang Asep.