Newsticker

TBM ECO Bambu Cipaku: Wisata Literasi Bagi Masyarakat




Pendidikan merupakan usaha sadar yang terencana dalam peningkatan kualiatas SDM. Salah satu bentuknya adalah dengan membentuk SDM yang gemar membaca. Membaca selain merupakan kegiatan menambah pengetahuan, mengamati, meresapi, memahami  tulisan/bahan bacaan, tetapi menjadi kecakapan dasar yang perlu dimiliki oleh setiap orang sebagai bekal menjalani kehidupannya.

Untuk mendukung terwujudnya masyarakat gemar membaca, maka hadir program pendidikan luar sekolah yaitu Taman Bacaan Masyarakat (TBM), salah satunya TBM ECO Bambu Cipaku Kota Bandung. TBM ini berlokasi di area Kampung Seni Budaya ECO Bambu Cipaku, Jln. Cipaku Indah XI, Kel. Ledeng, Kec. Cidadap, Kota Bandung, telepon 0857-2270-0945.

Menciptakan budaya literasi
TBM ECO Bambu merupakan layanan bagi masyarakat untuk memperoleh bahan bacaan dengan mudah, dekat diakses dan mendapat tambahan keterampilan lainnya melalui program-program yang diselenggarakan oleh TBM. TBM ini diresmikan pada tanggal 12 Februari 2017 di ECO Bambu Cipaku, yang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bandung, dan perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat.

"Tujuan hadirnya TBM ECO Bambu Cipaku sama dengan tujuan TBM pada umumnya, yaitu meningkatkan minat baca masyarakat, melalui cara yang menyenangkan dan rekreatif. Namun, minat baca akan susah peningkatannya bila masyarakat tidak tertarik maka yang menjadi andalan di TBM ECO Bambu adalah keberadaannya yang satu atap dengan sanggar seni ECO Bambu yang indah dan hijau, kental dengan nuansa Sunda, dan berbagai alat musik Sunda sehingga bisa membuat pembaca pemula betah," ungkap Nike Kamarubiani selaku Ketua Pengelola TBM ECO Bambu Cipaku.

Ragam program
TBM ECO Bambu berencana untuk menghadirkan program yang dapat menarik minat baca masyarakat dan beberapa program yang terintegrasi dengan program Kota Bandung seperti Rabu Sunda dan Kamis Inggris. Selain itu, TBM ECO Bambu berupaya untuk menjadi TBM Inklusif dan mengedepankan seni dan budaya.

TBM ECO Bambu bermitra dengan Departemen PLS UPI, melibatkan relawan dari mahasiswa diantaranya mahasiswa Departemen Perpustakaan dan Informasi, Manajemen, Bahasa dan lainnya, serta menjalin komunikasi dengan FTBM Kota Bandung dan FTBM Jawa Barat.