Newsticker

⁠⁠⁠Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat




Indonesia pada 2025 diprediksi menghadapi laju pertumbuhan penduduk usia produktif jauh lebih besar dari penduduk usia nonproduktif. Bonus demografi ini tentunya perlu diimbangi pula dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat mendukung pembangunan, SDM yang kreatif, berdaya saing, dan siap menjadi pemimpin di masa yang akan datang.

Pendidikan merupakan usaha sadar yang terencana dalam peningkatan kualiatas SDM. Salah satu bentuknya adalah dengan membentuk SDM yang gemar membaca. Membaca selain merupakan kegiatan menambah pengetahuan, mengamati, meresapi, memahami  tulisan/bahan bacaan, tetapi menjadi kecakapan dasar yang perlu dimiliki oleh setiap orang sebagai bekal menjalani kehidupannya. Membaca dapat diartikan luas seperti membaca buku, membaca fenomena yang ada di lingkungan, serta membaca peluang apalagi di era globalisasi ini.

Manfaat membaca bagi perkembangan masyarakat menurut Pedoman Pembudayaan Kegemaran Membaca-Dispusipda, di antaranya yaitu :
1. Meningkatkan pengetahuan umum masyarakat.
2. Merupakan sarana untuk memperluas dan mengembangkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat.
3. Mengetahui hal-hal aktual yang terjadi di lingkungannya, dan
4. Meningkatkan kecerdasan masyarakat sehingga mempunyai kemampuan yang lebih besar untuk mengembangkan diri.

TBM di Bandung
Dalam mendukung kebermanfaatan membaca tersebut, sejalan dengan yang ditegaskan
UU Sisdiknas Pasal 26 ayat (1) menjelaskan bahwa, " Pendidikan Nonformal berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan pelengkap pendidikan formal dalam mendukung pendidikan sepanjang hayat". Karena memiliki tujuan tersebut, maka Pendidikan Nonformal menghadirkan program Taman Bacaan Masyarakat (TBM), sebagai layanan bagi masyarakat dapat memperoleh bahan bacaan dengan lebih mudah, dekat diakses dan mendapat tambahan keterampilan lainnya melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh TBM.

TBM yang berada di Kota Bandung cukup banyak, diantaranya ada TBM Rumah Baca Ujungberung, TBM Sukamulya Cerdaa, dan TBM ECO Bambu Cipaku. Taman Bacaan Masyarakat (TBM) diharapkan selain memberikan layanan bahan bacaan baca bagi masyarakat, namun juga dapat menumbuhkan keterampilan dan pengembangan masyarakat karena selain untuk mewujudkan pendidikan sepanjang tapi juga untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.