Informasi

Pelatihan Jurnalistik dan Editing untuk Mahasiswa di ECO Bambu Cipaku




Seiring berkembangnya internet, media untuk menginformasikan pun semakin terbuka dan arus informasi/berita semakin lebih real time. Kehadiran media sosial (FB, twitter, instagram) dan media tulis seperti blog/website menjadi ruang terbuka bagi para pengguna internet atau netizen untuk menyampaikan informasi. Inilah kesempatan di era digital masa sekarang untuk bisa dimanfaatkan bagi kepentingan publik.

Literasi media sosial
Namun sayangnnya, masyarakat pengguna internet masih banyak yang belum mengoptimalkan kehadiran media sosial dan media blogging untuk menyebarkan informasi. Ini terlihat dari realita di lapangan dengan masih terjadinya berita-berita hoax yang menjurus pada penyebaran informasi tak valid bahkan cenderung fitnah. Budaya literasi media sosial memang sangat mengkhawatirkan.

Dan mahasiswa untuk menyaring dan menyebarkan informasi sudah selayaknya jadi garda terdepan. Hal ini karena dunia akademis menuntut para mahasiswa untuk berpikir dan bertindak ilmiah; mampu memfilter informas dengan check dan recheck; hingga dituntut agar bisa menjadikan menulis sebagai budaya keseharian.

Untuk itulah peran blog, website, dan media sosial hendaknya bisa dimanfaatkan maksimal untuk menyebarkan informasi yang berguna dan dapat dipertanggungjawabkan. Lebih dari itu, diharapkan para mahasiswa bisa menulis di berbagai media, baik cetak maupun online, sebagai ruang menyebarkan pemikiran ide yang berguna bagi kemajuan bangsa.

Pelatihan jurnalistik untuk mahasiswa
Pelatihan jurnalistik menjadi rujukan untuk menambah keterampilan pemuda dalam mengolah informasi dan komunikasi. Sanggar Seni Budaya ECO Bambu merupakan wadah kreativitas masyarakat yang memfasilitasi semua kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan masyarakat, serta turut mendukung mengembangkan potensi-potensi yang terdapat pada masyarakat.

Maka dari itu, Seputar Bandung Raya bekerja sama dengan sanggar seni budaya ECO Bambu untuk mengembangkan potensi-potensi yang terdapat pada Masyarakat khususnya bagi mahasiswa.
Pada Sabtu, 11 Februari 2017 akan diadakan pelatihan jurnalistik yang bertempat di Sanggar Seni Budaya ECO Bambu, Jln. Cipaku Indah XI, Ledeng, Bandung.

Pada pelatihan jurnalistik ini, mengundang beberapa tim redaksi Seputar Bandung Raya. Pelatihan jurnalistik ini memiliki tujuan diantaranya agar mahasiswa dapat mengenal dan mengembangkan kreativitasnya dalam dunia media cetak maupun online.

Materi pelatihan
Pelatihan dengan konsep sharing ini dapat diikuti oleh kalangan mahasiswa yang serius dalam menggeluti bidang jurnalistik. Dalam pelatihan ini peserta tidak dipungut biaya. Fasilitas yang akan peserta dapatkan yakni sertifikat, coffee break, dan ada beberapa doorprize bagi peserta yang beruntung.

Adapun beberapa materi dalam pelatihan ini, di antaranya:
- Pengenalan dunia jurnalistik dan perkembangannya hingga zaman sekarang.
- Membentuk karakter dan kebiasaan menjadi penulis.
- Perbedaan menulis di berbagai media (buku, artikel, iklan, media sosial, blog,dsb.)
- Pentingnya membaca sebagai amunisi menulis
- Peran keterampilan penyuntingan bahasa (EYD, tata kalimat, pemilihan kata, dll.)
- Mulai menulis untuk media atau membuat media yang dikelola secara mandiri.
- Tips mengirimkan tulisan di media massa.

Pelatihan ini dimulai dari pukul 09.00-12.00 WIB. Jika berminat mengikuti pelatihan ini, Anda bisa mendaftar ke nomor kontak 0857-9494-6368 (Anita)