Newsticker

Diskusi Advokasi Ikmabo-BR UIN Sunan Gunung Djati


Organisasi mahasiswa daerah menjadi wadah silaturahmi dan sinergi bagi para pemuda/i yang menuntut ilmu ke luar kota asalnya, keberadaannya diperlukan bukan hanya sebagai tempat berkumpul semata namun juga tempat berbagi pengalaman dan penguatan rasa cinta pada daerah asal sehingga setelah berakhirnya kuliah dapat ikut membangun daerahnya.

Salah satunya adalah Ikatan Mahasiswa Bogor-Bandung Raya (Ikmabo-BR) yang berada di Kampus UIN Sunan Gunung Djati Kota Bandung, untuk memperkuat keberadaannya Ikmabo-BR mengadakan diskusi mingguan dengan tema "Advokasi Terhadap Masyarakat" di depan Aula Baru Anwar Musaddad kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung,Selasa (21/02/2017).

Diskusi mingguan ini bertujuan untuk mengedukasi anggota Ikmabo-BR agar tidak mudah terprovokasi oleh oknum yang tidak jelas tujuan untuk apa advokasi dilakukan.

Menurut Jamaluddin, selaku pemateri sekaligus dosen fakultas Syariah dan Hukum memaparkan bahwa "Advokasi diartikan secara umum sehagai penyelesaian masalah. Sikap sebagai mahasiswa menyikapi adanya advokasi jangan langsung terprovokasi, sebagai seorang Agent Of Change mahasiswa harus menganalisis masalah dari berbagai sudut pandang diantaranya hukum, politik, sosial dan budaya. Setelah itu terbentuk rencana yang menghasilkan stategi dan taktik, nah setelah itu baru pelaksanaannya menindak lanjuti masalahnya".

Silaturahmi
Adapun diskusi mingguan yang membahas Advokasi Masyarakat dibagi menjadi beberapa minggu mengingat banyaknya materi yang disampaikan. Selain itu, Ikatan Mahasiswa Bogor-Bandung Raya (Ikmabo-BR) tahun 2016 lalu mengadakan Masa Silaturahmi Mahasiswa Bogor di Villa Cilember Puncak Cisarua Bogor. Peserta yang mengikuti silaturahmi ini berjumlah tidak kurang dari 35 orang.

Acara silaturahmi ini dilakukan dengan tujuan agar terjalinnya kekeluargaan diantara mahasiswa antar Bogor yang sama-sama sedang merantau ke Bandung. Agenda dari kegiatan silaturahmi ini dimulai dari perkenalan, pemberian materi sejarah Ikmabo, sejarah Bogor dan fun games. Acara ini berlangsung seru dan hangat karena kekompakan pada setiap kelompok yang sudah terbagi pada acara fun games di penutupan acara.

Adapun harapan yang diungkap ketua pelaksana Jody Bagja Firdaus yaitu "semoga dengan terjalinnya silaturahmi diantara mahasiswa antar Bogor tidak hanya sebatas acara ini berlangsung, tapi juga bisa terus berlanjut hingga berakhirnya masa ratau, bahkan setelah kembali ke kota kelahiran Bogor."