Newsticker

Profil Sergio van Dijk, Pemain Naturalisasi Penggemar Lotek



Serginho, nama yang menjadi inspirasi ibunya untuk anaknya ini. Kasang tukang ibunya memberikan nama tersebut karena sang ibu sangat mengagumi pemain Brasil pada World Cup 1982, Serginho Chulapa. Rupanya nasib Sergio van Dijk di kemudian hari pun tak lepas dari dunia si kulit bundar. Pemain yang pada 2010, menjadi pemain naturalisasi dan menjadi pemain profesional di tanah air kakek-neneknya.

Kariernya di dunia sepak bola memang terbilang cemerlang. Ia pernah tercatat sebagai pencetak gol terbanyak musim 2010-11 di A-League dan mencatatkan namanya sebagai topskorer paling produktif.

Berikut ini data dan fakta seputar Sergio van Dijk yang disarikan dari berbagi sumber:
-  Sergio van Dijk lahir di Assen, Belanda pada 6 Agustus 1982 dan kini jadi WNI.
- Di Persib ia berposisi sebagai striker dengan nomor punggung 33.
- Sergio memulai karier  di klub lokal LTC di Assen sebelum ia bergabung akademi muda di FC Groningen bersama dengan Arjen Robben.
- Pada musim 2000/2001 Sergio bermain dua pertandingan (1 gol) untuk Groningen di Eerste Divisie dan membantu mereka untuk mendapatkan promosi.
- Di Eredivisie dia tidak bermain untuk Groningen dan ia pindah kembali ke Eerste Divisie untuk bermain di Helmond Sport pada tahun 2002.
- Pada tahun 2005 ia pindah ke FC Emmen di mana ia mencetak 18 dan 12 gol dalam dua musim pertamanya. Pada musim 2007/2008 ia bermain di Emmen bersama saudaranya Danny.
- Pada 16 Juni 2008, ia menandatangani kontrak dua tahun dengan Brisbane Roar (kemudian beroperasi sebagai Queensland Roar) setelah pemandu bakat Roar terkesan dengan tekniknya pada pertandingan di akhir Mei saat melawan Redlands United dan Gold Coast Starting XI.
- Pada tanggal 17 Januari 2009, Van Dijk adalah pemain pertama Brisbane Roar yang berhasil mencetak hat trick dalam kemenangan 3-1 mereka atas Sydney FC.
- Pada tanggal 11 Februari 2010, Van Dijk dikontrak oleh Adelaide United selama enam bulan untuk usaha mereka mengikuti Liga Champions AFC, dan melakukan debut melawan juara bertahan Asia, Pohang Steelers pada 24 Februari 2010.
- Pada tanggal 14 Maret 2010, Van Dijk menyetujui kontrak 3 tahun dengan Adelaide United.
- Van Dijck memenangkan penghargaan Sepatu Emas untuk musim 2010-11 dengan 16 gol.
- Pada Februari 2013 Van Dijk dikontrak klub Liga Super Indonesia, Persib Bandung.
- Van Dijk menjalani debutnya di Liga Super Indonesia (ISL) dengan cemerlang. Dia berhasil mencetak 21 gol dari 29 penampilan bersama Maung Bandung.
- Van Dijk menandatangani kontrak dengan Sepahan FC pada Desember 2013, efektif sejak 1 Januari 2014 untuk bermain bersama tim di Iran Pro League dan AFC Champions League tersebut.
- Pada 20 Maret 2014, Van Dijk mencetak gol pertamanya bagi klub saat melawan Al Ahli.
- Pada 30 Juni 2014 Van Dijk dikontrak klub Liga Utama Thailand Suphanburi, untuk durasi kontrak dua tahun. Bersama Suphanburi, Van Dijk mencetak 17 gol dari 40 penampilan.
-  Pada 6 Juli 2014 Van Dijk memulai debutnya saat melawan Bangkok Glass FC dan mencetak gol pada menit ke-63 yang berakhir imbang 1-1.
- Pada musim baru 2016, van Dijk memutuskan untuk kembali berseragam Persib Bandung untuk mengarungi kompetisi Indonesia Soccer Championship A 2016.
- Pada 19 Juli 2010, dilaporkan bahwa Van Dijk menyatakan bermain untuk timnas Indonesia. Setelah beberapa waktu, ia akhirnya memutuskan untuk melepas kewarganegaraan Belanda dalam rangka untuk bisa membela Indonesia. PSSI telah mengumumkan bahwa Sergio van Dijk sedang dinaturalisasi.
- Pada 4 Maret 2013, ia dipanggil timnas Indonesia untuk pertama kalinya, bermain di Kualifikasi Piala Asia 2015. Dia melakukan debut melawan Arab Saudi pada tanggal 23 Maret 2013 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Waktu itu, Timnas Indonesia kalah 1-2 dari Arab Saudi.
- Pada 7 Juni 2013, Van Dijk masuk skuad tim nasional untuk bermain menghadapi Belanda di pertemuan pertama dalam sejarah sepak bola Indonesia.
- Gol pertama Van Dijk untuk Timnas Indonesia tercipta pada 11 November 2014. Dia mencetak satu gol ketika Skuat Garuda menang 4-0 atas Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno dalam laga persahabatan.
-  Saat ISC 2016, Persib menaklukkan PSM Makassar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (2/7) lalu. Pada laga itu, Persib menang dengan skor tipis 3-2. Van Dijk mencetak gol pembuka tim Maung Bandung melalui titik penalti pada menit ke-33 di usianya yang telah menginjak 33 tahun. Saat mencetak gol tersebut mengenakan jersey bernomor punggung 33. Dan ini adalah kemenangan ke-3 Persib di ISC A.
- Pada musim 2017, Van Dijk merupakan salah satu penyerang yang dipertahankan Persib. Tiga penyerang lainnya: Yandi Sofyan, Samsul Arif, Rudiyana, termasuk daftar 11 pemain yang dilepas tim Maung Bandung.
- Makanan kesukaan Sergio van Dijk adalah lotek.

Di Bandung, Sergio punya "kembaran" bernama Yanto Suharyanto. Kang Yanto bisa ditemui di Terminal Leuwipanjang. Yanto biasa mengontrol puluhan bus Primajasa yang masuk ke terminal. Kang Yanto awalnya berambut keriting panjang. Namun kala Persib mendatangkan Sergio awal musim 2013, sang istri Yuyu Yunengsih menyuruh suaminya untuk dicukur kayak si Ipin, karena suaminya kalau dugul persis pisan Sergio.

Akun media sosial:
- Twitter: @serginhovandijk
- Instagram: @serginhovandijk