Newsticker

Mahasiswa Dong-A University, Korea Selatan, Belajar Bahasa dan Kultur Indonesia




Program "Intership Indonesia Heritage" inilah yang mengantarkan mereka mahasiswa Dong-A University, Korea Selatan belajar bahasa dan kultur yang ada di Indonesia. Pada program Intership Indonesia Heritage ini mereka berkesempatan untuk belajar budaya dan bahasa yang ada di Indonesia, khususnya budaya yang ada di DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Mereka yang berkunjung ke Indonesia ini merupakan mahasiswa Universitas Dong-A yang telah lulus seleksi dan mendapatkan biaya dari pemerintah Korea Selatan untuk kunjungan studi ke Indonesia. Dan selama empat minggu lamanya mereka berkunjung ke Indonesia, dimulai sejak 11 Januari sampai 8 Februari 2017. Sudah lima negara yang mereka kunjungi  dan ini merupakan kali pertama mereka berkunjung ke Indonesia. 

Diperkenalkan seni budaya Sunda
Pada 19 Januari 2017 para mahasiswa asal Negeri Ginseng tersebut berkesempatan untuk mengunjungi Kampung Wisata Seni Budaa ECO Bambu Cipaku yang ada di kawasan Ledeng, Bandung. Di kampung seni budaya tersebut, mereka diperkenalkan dengan beberapa alat musik dan permainan tradisional Sunda.

Orkestra angklung menyambut kedatangan mereka dan dilanjut dengan pengenalan sejarah alat musik bambu tersebut. Para mahasiswa terlihat antusias saat diperkenalkan dengan budaya Sunda. Setelah pemaparan sejarah angklung, kegiatan dilanjutkan dengan bermain angklung bersama. Lalu, kegiatan ditutup dengan bermain permainan tradisional bersama.

Mengajar di sekolah
Selain mempelajari budaya dan bahasa Indonesia itu sendiri,  para mahasiswa diberi kesempatan untuk mengajar di enam sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jakarta. Pada minggu pertama, mereka diwajibkan untuk bisa berbahasa Indonesia dasar. Untuk kegiatan ini,  mereka diajari tim dari Yayasan Ikatan Korea Cultures and Study (IKC&S).

Sebagai tindak lanjut, rencananya Yayasan IKC&S akan bekerja sama dengan Pemprov Jabar dan Kampung Wisata Seni Budaya ECO Bambu untuk mengenalkan budaya Sunda ke Korea Selatan tahun ini.