Newsticker

Informasi Seputar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017


Pada penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) akan dilaksanakan pada April - Mei 2017, Kemendikbud akan menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Ujian berbasis komputer sendiri bertujua untuk meningkatkan efisiensi, mutu, reliabilitas, integritas, dan kehematan pelaksanaan ujian nasional.

Berikut ini informasi seputar UN dan USBN 2017:

 1. Jadwal Ujian Nasional 2017 SMA/SMK/MA
- UN jenjang SMA/SMK: 3-6 April 2017
- UN jenjang SMA/MA: 10-13 April 2017.

2. Jadwal Ujian Nasional SMP/MTs
- Gelombang pertama UN SMP/MTs: 2, 3, 4, dan 15 Mei 2017
- Gelombang kedua UN SMP/MTs: 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017

Kebijakan kegiatan ujian tersebut tidak serentak dilaksanakan pada hari yang sama. Hal ini  agar siswa yang sekolahnya tidak memiliki komputer dapat mengikuti ujian di sekolah lain di rayon terdekat.

3. Mata pelajaran yang diujikan
a.  SMP
- Mata pelajaran UN SMP:  Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA.
- Mata pelajaran USBN SMP: Pendidikan Agama, PPKN dan IPS.

b. SMA
- Mata pelajaran UN jenjang  SMA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran pilihan sesuai jurusan.
- Mata pelajaran UN jenjang  SMA:  Pendidikan Agama, PPKn, Sejarah, dan tiga mata pelajaran sesuai program studi siswa.

c. SMK
- Mata pelajaran UN jenjang SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan.
- Mata pelajaran UN jenjang SMK: Pendidikan Agama, PPKN, dan Keterampilan Komputer.

4. Kesiapan komputer
Saat ini telah terdata sebanyak 12.053 sekolah/madrasah dengan kapasitas total 2.188.947 siswa siap menjadi tempat pelaksanaan ujian berbasis komputer. Namun sampai saat ini Kemdikbud masih menunggu laporan dari setiap dinas provinsi terkait data terbaru sekolah yang tahun ini bisa menggelar UNBK. Sekolah-sekolah yang tidak memiliki cukup komputer, diupayakan meminjam ke sekolah lain atau meminjam ke perguruan tinggu yang ada di kota masing-masing.

5.  Target Kemdikbud
Kemdikbud menargetkan pelaksanaan UNBK untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mencapai 80 persen, serta Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga 40 persen tahun ini. Untuk mendukung hal tersebut, sebanyak 80.000 unit komputer akan segera didistribusikan Kemdikbud pada Januari 2017.

6. Pengindukan dan Persiapan
Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah menginstruksikan agar Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota segera menetapkan sekolah-sekolah penyelenggara UNBK dan merancang pengindukan sekolah-sekolah yang belum memiliki fasilitas memadai untuk UNBK. Paling lambat 15 Januari 2017 sudah harus dipastikan terkait persiapan selanjutnya, seperti pelatihan proctor, uji coba, dan simulasi.

7. Mata pelajaran pilihan UN 2017 jenjang SMA
Pada UN 2017, Kemdikbud mengurangi jumlah mata pelajaran. Selain tiga mata pelajaran wajib yang akan diujikan yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, para siswa SMA bisa memilih satu mata pelajaran sesuai permintaan untuk diujikan.

Mata pelajaran pilihan ini dipilih oleh setiap siswa sesuai dengan jurusan atau peminatan siswa, bukan ditentukan oleh pihak sekolah. Selin itu, tidak ada hubungan antara pilihan mapel pada UN dengan program studi dan jurusan yang akan diambil di perguruan tinggi.

Berikut ini mata pelajaran pilihan UN SMA 2017:
- Jurusan IPA: Fisika, Kimia, atau Biologi.
- Jurusan IPS: Geografi, Sosiologi, atau Ekonomi.
- Jurusan Bahasa: Antropologi, Sastra Indonesia, atau Bahasa Asing (Mandarin, Jepang, Arab, Jerman, atau Perancis).