Newsticker

Profil Pemain Persib: Kim Jeffrey Kurniawan





Nama lengkap: Kim Jeffrey Kurniawan
Tanggal lahir: 23 Maret 1990
Tempat lahir: Mühlacker, Jerman
Tinggi: 1.67 m
Posisi bermain: Gelandang
Karier klub:
2009 - 2010: FC 07 Heidelsheim      
2011 - 2013: Persema Malang  
2013: Electric Cosmo PLN (Futsal)      
2013 - 2015: Pelita Bandung Raya
2015: Persipasi Bandung Raya  
2016 - ...  Persib Bandung

Data dan fakta seputar Kim Jeffrey Kurniawan dari berbagai sumber:
- Ia adalah adik ipar Irfan Bachdim (kakaknya adalah Jennifer Bachdim).
-  Kim merupakan salah satu pemain yang dinaturalisasi oleh PSSI selain Cristian Gonzáles.
- Di Jerman, Kim memperkuat FC 07 Heidelsheim. Menariknya, saat terjadi kevakuman kompetisi, Kim sempat menjajal bermain futsal dan bergabung bersama Electric Cosmo PLN.
- Kim mempunyai garis keturunan Tionghoa-Indonesia dari sang Ayah. Kakeknya, Kwee Hong Sing tercatat pernah membela Persija Jakarta dan juga Tim nasional sepak bola Indonesia di era 1950-an.
- Ia pernah direkrut Persema Malang bersama Irfan Bachdim, Kim di Persema Malang atas ajakan dari Timo Scheunemann, ketika pelatih Persema ini pulang ke kampung halamannya di Jerman.
- Kim digaet Persib dari Pelita Bandung Raya yang diperkuatnya pada 2013-2015. Sebelumnya dia memperkuat Persema Malang pada 2011-2013.
- Usai hengkang dari Persipasi Bandung Raya pada awal 2016, sosok pelatih Dejan Antonic menjadi penyebab utama dia memilih Maung Bandung.
- Saat bersama Dejan di PBR, keduanya mampu mengantarkan PBR menjadi semifinalis di ISL 2014.
- Berbeda dengan Gonzales, van Dijk dan Kim memperkuat Persib setelah mendapatkan status kewarganegaraannya sebagai pemain Indonesia.
- Tak hanya bermain bola, Kim tercatat telah bermain dalam di dua film layar lebar yakni Tendangan dari Langit (2011) dan Aku Cinta Kamu (2014).
- Mobilitas, stamina, tekel, dan keberanian Kim mencuri bola dari penguasaan lawan menjadi nilai positif di mata Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman.
- Saat membela Maung Bandung, Kim tampil dalam 27 pertandingan. Di antara seluruh pemain Persib yang pernah dimainkan, jumlah penampilan Kim hanya kalah dari Tony Sucipto (33 penampilan), Atep (33), Robertino Pugliara (31), Hariono (31), dan Vladimir Vujovic (30).
- Setelah ditangani pelatih Djadjang Nurdjaman, Kim telah menorehkan empat gol dan menjadi pemain tersubur di skuat Maung Bandung setelah Sergio van Dijk (7 gol) dan Vladimir Vujovic (5 gol).
-  Sepanjang Torabika Soccer Championship 2016, Kim berhasil melakukan 72 penyelamatan serta akurasi umpan mencapai 86 persen. Kim pun memiliki tekel sukses sebanyak 65 kali atau peringkat keempat terbanyak diajang Torabika Soccer Championship 2016.
- Menurutnya, sang ayah adalah mentor yang paling hebat. Dalam setiap pertandingan, Kim selalu mendapat kritik yang membangun dari sang ayah.
- "Sebetulnya pada dasarnya Kim punya modal jadi seorang holding midfield, punya daya juang hebat, ulet kemudian tackling cukup bagus, dia ada modal disitu ada", kata Djanur.
- Dalam bermain, Kim memang mengutamakan kengototan dan kreativitas.Selain punya kemampuan mengalirkan bola, juga piawai dalam memutus alur serangan lawan. Bisa dibilang dia paling sibuk di antara pemain Persib lainnya. Tak kenal lelah dan seperti memiliki tenaga tambahan.

Akun media sosial:
- Instagram: @kimkurniawan

Profil pemain Persib lainnya LIHAT DI SINI