Informasi

11 Desain Baru Pecahan Uang Rupiah Kertas dan Logam Diluncurkan




Undang -undang No. 7 Tahun 2011 tentang mata uang menetapkan Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah dan wajib digunakan di seluruh wilayah Indonesia. Pada Senin, 19 Desember 2016 bertepatan dengan Hari Bela Negara, Bank Indonesia (BI) secara resmi menerbitkan dan mengedarkan uang rupiah emisi 2016 yang terdiri dari 7 pecahan uang rupiah kertas dan empat pecahan uang rupiah logam. Total, uang Rupiah baru ini menampilkan 11 gambar pahlawan nasional.

Peluncuran uang rupiah baru di kantor pusat Bank Indonesia tersebut dilakukan‎ langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Acara peluncuran juga dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. Dan baru kali ini Bank Indonesia mengeluarkan pecahan baru secara serentak. Selain memuat gambar pahlawan, uang seri baru yang diluncurkan juga memuat kekhasan Nusantara.

Berdasar Kepres Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bank Indonesia menerbitkan tujuh pecahan uang rupiah kertas. Selain itu, juga diterbitkan empat pecahan uang rupiah logam.

Ada 12 pahlawan nasional yang diabadikan dalam gambar muka desain baru uang NKRI tersebut. Dalam penentuan tokoh pahlawan nasional, pihak BI sebelumnya meminta masukan dari pemerintah daerah, sejarwan, Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, dan pihak-pihak lainnya. Sebelas uang emisi 2016 yang bergambar 12 pahlawan nasional tersebut yakni sebagai berikut:

Uang Kertas
1 Pecahan Rp100.000 bergambar Pahlawan Nasional Dr. (HC) Ir. Soekarno dan Dr (HC) Drs. Mohammad Hatta
2.. Pecahan Rp50.000 bergambar Pahlawan Nasional Ir. H. Djuanda Kartawidjaja.
3. Pecahan Rp20.000 bergambar Pahlawan Nasional Dr. G.S.S.J. Ratulangi.
4. Pecahan Rp10.000 bergambar  Pahlawan Nasional Frans Kaisiepo.
5. Pecahan Rp5.000 bergambar Pahlawan Nasional Dr. K.H. Idham Chalid
6. Pecahan Rp2.000 bergambar Pahlawan Nasional Mohammad Hoesni Thamrin.
7. Pecahan Rp1.000 bergambar Pahlawan Nasional Tjut Meutiah.

Uang Logam
1. Pecahan Rp1.000 bergambar  Pahlawan Nasional Mr. I Gusti Ketut Pudja.
2. Pecahan Rp500 bergambar Pahlawan Nasional Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang.
3. Pecahan Rp200 bergambar Pahlawan Nasional Dr. Tjiptomangunkusumo.
4. Pecahan Rp100 bergambar Pahlawan Nasional Prof. Dr. Ir. Herman Johanes.

Lokasi penukaran uang baru di Bandung
Bagi Anda yang ingin menukarkan uang di Bandung, saat penukaran bawa kartu identitas serta mengisi formulir. Pada Selasa (20/12/2016) Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat menghadirkan dua mobil layanan kas keliling yang melayani penukaran uang baru yang mulai dibuka pada pukul 10.30 WIB dengan lokasi di:
-  Pusat Perbelanjaan Pasar Baru
- Bandung Indah Plaza (BIP)

Namun untuk sementara, mobil keliling Bank Indonesia tersebut hanya melayani penukaran uang kertas dengan jumlah Rp200.000 karena uang yang tersedia masih terbatas.