Informasi

Peringatan Hari Aksara Internasional Tahun 2016 di Jawa Barat




Hari Aksara Internasional (HAI) ke-51 yang jatuh pada 08 November, turut diperingati oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dengan kegiatan pameran produk yang diikuti oleh seluruh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota seJawa Barat khususnya bidang PNFI dan Dikmas.
Kegiatan yang bertema "Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan" ini berlangsung pada 16-17 November  2016, bertempat di Gedung Abadi Hass Lembang.

Sementara untuk di tingkat nasional, tema yang diusung pada HAI 2016 adalah ”Penguatan Literasi dan Vokasi dalam Membangun Ekonomi Berkelanjutan ”. Tema ini diambil sebagai upaya mengingatkan kembali dan memberi inspirasi kepada kita semua tentang kesungguhan usaha untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan keaksaraan sebagai fondasi gerakan pemberdayaan masyarakat, bukan sekadar gerakan pemberantasan tuna aksara semata. Tema tersebut selaras dengan tema global yang diangkat oleh UNESCO pada tahun ini, yaitu “Reading The Past, Writing The Future” atau “Membaca Masa Lalu, Menulis Masa Depan”.

Acara yang di pandu oleh Nurachman yang sekaligus mewakili pemenang pengelola TBM tingkat nasional yang berasal dari Rumah Baca Ujungberung begitu meriah, apalagi semua pengunjung yang hadir singgah di stand disdik perwakilan kota/kabupatennya masing-masing. Salah satunya adalah stand FTBM yang berhasil membawa pengunjung untuk menikmati buku bacaan yang disediakan.

"Peringatan HAI ke 51 ini bukan sekadar seremonial dan pengguguran anggaran saja. Tapi diharapkan peringatan hari aksara internasional ini selain sebagai ajang silaturahim tahunan yang didalamnya terlibat mulai dari pengelola PKBM, TBM, lembaga kursus, penilik, PAUD, Disdik itu sendiri juga sebagai acuan perubahan konsep pengertian literasi yang dulu hanya sebagai pendukung pengentasan keberaksaraan, tapi sekarang justru sebagai penunjang pendidikan kelanjutan," ungkap Santi, salah satu pengurus FTBM Jabar