Informasi

Mudahnya Akses Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi V Versi Daring




Inilah beberapa informasi seputar KBBI Edisi V tersebut:

1. Tebal 2.040 halaman
KBBI versi terbaru ini versi cetaknya setebal 2.040 halaman, hampir dua kali lipat versi sebelumnya yakni 1.400-an halaman.

2. Ada versi online
KBBI V ada versi cetak juga ada versi dalam jaringan (daring) atau online di alamat kbbi.kemdikbud.go.id.

3. Versi aplikasi
KBBI Edisi V ini pun ada versi aplikasinya untuk ponsel berbasis Android dan iOS. Aplikasi bisa diunduh di sini. Gambaran versi aplikasi ini:
- terdapat empat menu di tampilan layar utama ketika aplikasi ini terbuka yaitu Kelas Kata, Ragam, Bahasa, dan Bidang;
- di pojok kanan atas terdapat menu pencarian (searching);
- di pojok kiri atas ada ikon menu Kelas Kata, Ragam, Bahasa, dan Bidang Jenis, dan Tentang Kami.

4. Lema dan sublema
KBBI V ini menampilkan lema dan sublema baru sebanyak 16.841 serta makna baru sebanyak 17.240. Jumlah keseluruhan lema ada 108.844. Versi cetak, tebalnya mencapai 2.040 halaman, jauh lebih banyak dibandingkan dengan KBBI IV yang tebalnya 1.400-an halaman.

5. Tesaurus
Selain KBBI, diterbikant pula Tesaurus Tematis Daring, yang dapat diakses melalui alamat tesaurus.kemdikbud.go.id. Tesaurus adalah karya rujukan yang memuat daftar kata berdasarkan pertalian makna (hiponim, sinonim, antonim, dan meronim) atau pengelompokan tema. Di dalamnya terdapat total 522 artikel dan 67.203 kata atau ungkapan.

6. Ensiklopedia Sastra Indonesia Daring
Ensiklopedia ini dapat diakses melalui alamat ensiklopedia.kemdikbud.go.id. Ensiklopedia ini merupakan penyempurnaan dari edisi sebelumnya yang diterbitkan dalam versi cetak pada 2013.