Newsticker

Membuat Website Gratis untuk Usaha Melalui Program 1 Juta Domain




Mempunyai usaha di zaman era digital ini sepertinya tidak bisa hanya cukup mengandalkan dari promosi konvensional. Para wirausaha bisa memanfaatkan jalur media internet dengan membuat website dan domain sendiri. Jika Anda mempunyai produk atau usaha, bisa membuat website dengan nama domain perusahaan sendiri, misalnya www.usahaanda.com. Ini akan sangat membantu dalam upaya mempromosikan produk, layanan usaha, atau profil perusahaan Anda.

Program ini akan sangat membantu bagi para pelaku UMKM. Dimana dengan memiliki website maka pelaku usaha tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Ditambah memiliki jangkauan lebih luas dan manajemen usaha yang lebih efektif. Bukan tak mungkin jangkauan usaha Anda pun akan lebih meluas hingga bisa dikenal di kancah internasional.

Dan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia telah meluncurkan platform digital dengan Program 1 Juta Domain. Program ini merupakan pemberian nama domain Indonesia secara gratis selama satu tahun dengan sasaran UMKM, lembaga pendidikan, yayasan, dan koperasi.

Bagaimana cara membuat domain dan mengelola website untuk para pelaku usaha ini? Tim seputarbandungraya.com pernah mendaftarkan usaha dan terhitung mudah dalam pengelolaannya. Berikut ini langkah-langkahnya
1. Anda cukup mendaftar di laman https://daftar.1juta.id dengan memasukkan data usaha (nama perusahaan, alamat, profil usaha, jenis usaha dsb.), profil pengurus, upload KTP, dan lebih baik bila Anda punya badan usaha (misalnya CV) dengan mengunggah keterangan pendirian usaha (SIUP). Kemudian memilih nama domain untuk nama website perusahaan Anda.
2. Setelah Anda mendaftar, silakan tunggu saja sekitar satu minggu atau beberapa hari nanti akan ada balasan ke e-mail yang didaftarkan.
3. Jika pengajuan Anda disetujui, nanti akan ada laporan bahwa domain berhasil diverifikasi. Nama domain dan hosting akan disiapkan oleh pihak pengelola jasa layanan domain dan hosting. Tunggu balasan e-mail beberapa hari.
4. Nanti akan ada balasan email untuk pengelolaan website Anda berupa pemberitahuan username dan password data panel yang terdiri: User Hosting, User CMS (untuk upload, edit, menambahkan, dll.),  User E-mail, dan User Billing (untuk laporan transaksi online shop). Website Anda pun punya hosting untuk menyimpan data website hingga akun email dengan nama website usaha sendiri, misal hubungikami@usahaanda.com.
5. Silakan kelola sendiri atau bila belum bisa cara mengelola website (cara mengelola menu webs, memposting, data transaksi, dsb) dapat meminta bantuan teman yang sudah paham. Ada juga petunjuk pengalolan, contohnya bisa dilihat di sini. Pihak Kemkominfo pun menyediakan beberapa pendamping sesuai domisili Anda lihat di sini. Anda bisa bertanya atau meminta arahan kepada para pendamping melalui kontak e-mail ataupun telepon/SMS.
6. Untuk jatah hosting hanya diberikan 250 MB dan berlaku 1 tahun. Bila sudah habis masa berlaku 1 tahun, mungkin harus bayar sewa perpanjangan. Saat perpanjangan sewa nantinya, jatah hosting bisa ditambah misal menjadi 500 MB atau 1 GB bergantung kebutuhan Anda.
7. Untuk lebih memperkenalkan website usaha Anda, dapat ditunjang dengan membuat akun media sosial (facebook, instagram, twitter, dsb.). Promosikan link website usaha di akun-akun media sosial yang Anda kelola atau bisa mencantumkannya di kartu nama Anda.
8. Setelah website selesai kami buat, tampilan di PC lumayan eksklusif juga mobile friendly alias tampilannya sudah disesuaikan untuk dibuka di gadget (smartphone dan tablet).