Informasi

Terobosan Pembelajaran Paket C Online di Hari Aksara Internasional 2016




Peringatan acara Hari Aksara Internasional (HAI) tahun 2016 tingkat nasional  digelar di Palu, Sulawesi Tengah (18-20 Oktober 2016). Pada kegiatan tersebut akan diselenggarakan berbagai kegiatan lomba dan pemberian penghargaan. Hari Aksara Internasional (International Literacy Day) sendiri jatuh setiap 8 September. Hal ini sesuai hasil keputusan Konferensi Tingkat Menteri Negara-Negara Anggota PPB yang diselenggarakan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada tanggal 17 November 1965 di Teheran, Iran.

Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan
Sementara untuk di Indonesia, tema yang diusung pada HAI 2016 adalah ”Penguatan Literasi dan Vokasi dalam Membangun Ekonomi Berkelanjutan ”. Tema ini diambil sebagai upaya mengingatkan kembali dan memberi inspirasi kepada kita semua tentang kesungguhan usaha untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan keaksaraan sebagai fondasi gerakan pemberdayaan masyarakat, bukan sekadar gerakan pemberantasan tuna aksara semata.

Tema tersebut selaras dengan tema global yang diangkat oleh UNESCO pada tahun ini, yaitu “Reading The Past, Writing The Future” atau “Membaca Masa Lalu, Menulis Masa Depan”. Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) pertama kali dilakukan pada tahun 1966. Perayaan HAI dilandasi oleh semangat untuk memberantas tuna aksara di seluruh dunia.

Dalam event ini pun, ratusan pegiat maupun komunitas literasi, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dari seluruh Indonesia berkumpul selama tiga hari penyelenggaraan, mulai dari 18 sampai 20 Oktober 2016 di halaman Pogombo, Kantor Gubernur Sulawesi Tengah. Peringatan HAI dihadiri Mendikbud Muhadjir Effendy, para pejabat Kemendikbud RI, dan sejumlah kepala dinas pendidikan.


Terobosan Baru Pembelajaran Paket C Online
Puncak acara yang bertepatan pada tanggal 20 Oktober 2016 dirangkaikan dengan beberapa agenda acara, di antaranya Festival Budaya Baca dan kegiatan lokakarya atau “Bengkel Literasi” yang mengundang komunitas literasi dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Kegiatn lain yang digelar donasi buku hingga industri kreatif.

Pada hari terakhir yakni Puncak Hari Aksara Internasional akan diserahkan penghargaan kepada Tokoh Peduli Aksara, gerakan donasi online dan peluncuran buku 100 peserta vokasi menulis, dan lain-lain. Kampung Literasi yang menampilkan stand-stand dari setiap komunitas maupun pegiat literasi juga mengisi Festival Literasi Internasional.

Selain itu, dalam kegiatani juga digelar launching Pembelajaran Paket C Online (jayagiriedu) yang mana program ini merupakan terobosan baru bagi Direktorat PAUD Dikmas tahun 2016 yang dipelopori oleh jayagiriedu (PP-PAUD Dikmas Jawa Barat).