Newsticker

Profil Calon Wali Kota - Wakil Wali Kota Cimahi Pilkada 2017: Atty Suharti Tochija - Achmad Zulkarnain




DPP Partai Golkar menetapkan Atty Suharti sebagai calon wali kota Cimahi yang akan diusungnya pada Pilkada 2017. Sekaligus Golkar pun menyetujui Achmad Zulkarnain (Azul) sebagai calon wakil wali kota. Pasangan calon Atty Suharti - Achmad Zulkarnain (Azul) mendaftar diri untuk mengikuti Pilkada 2017, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi, pada Kamis (22/9/2016). Dalam pilkada Cimahi 2017, pasangan ini mendapatkan nomor urut 1.

Profil Calon Wali Kota Cimahi: Hj. Atty Suharti Tochija, SE
Hj. Atty Suharti Tochija, SE adalah Wali Kota Cimahi periode 2012-2017 yang kembali mencalonkan diri pada Pilwalkot 2017. Atty lahir di Jakarta pada 24 November 1955. Suami dari mantan Wali Kota Cimahi, Dr. Ir. HM. Itoc Tochija, MM ini, pada Pilwalkot Cimahi 2017 berpasangan dengan Achmad Zulkarnain. Diusung oleh Partai Golkar, PKS, dan Partai Nasdem.

Jabatan dan Riwayat Organisasi
- Ketua Tim Pembina PKK Kota Cimahi (2002-sekarang)
- Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cimahi (2011-sekarang)
- Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Cimahi (2004-sekarang)
- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Cimahi (2002-sekarang)
- Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial Kota Cimahi (K3S) Kota Cimahi (2003-sekarang) Ketua Kehormatan Perkumpulan Pemberantasan Tuberkolosis Indonesia (PPTI) Kota Cimahi (2007-sekarang)

Prestasi dan Penghargaan
- Penghargaan Gubernur Jawa Barat dalam Hari Kesatuan Gerak PKK ke-30 Tingkat Provinsi Jabar (2002)
- Manggala Karya Kencana dari BKKBN (2004)
 - Penghargaan dari Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan RI sebagai pengelola terbaik BKB Provinsi Jabar 2006)
- Satya Lencana Wira Karya Bidang Keluarga Berencana dari Presiden RI (2006)
- Satya Lancana Wira Karya Bidang Koperasi dari Presiden RI (2011)
- Penghargaan Gubernur Jabar sebagai Tokoh Peduli kepada Penyandang Cacat dalam Rangka Hari Internasional Penyandang Cacat Tingkat provinsi Jawa Barat
- Dinobatkan sebagai Bunda PAUD Kota Cimahi Tahun 2011, Penghargaan Lencana Satya Bakti Utama dari Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Pusat (2012)
- Penghargaan dari PMI Jawa Barat sebagai Penggerak Pembinaan RW Siaga Sehat Tahun 2012

Profil Calon Wakil Wali Kota Cimahi: Achmad Zulkarnain (Azul)
Pria yang akrab dipanggil Kang Azul in lahir pada 8 Agustus 1969. Ia pernah jadi aktivis mahasiswa di kampus ITB dan Masjid Salman ITB. Setelah lulus S1 dari ITB (th 1994), ia bekerja di PT IPTN (sekarang PT DI). Selama bekerja di PT IPTN, Kang Azul juga aktif dalam kegiatan keIslaman dan menjadi pengurus inti Masjid Raya Habiburrahman PT DI. Ia resign dari PT DI tahun 2003.

Dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan keagamaan, ia dipercaya menjadi Ketua DKM Masjid Manbaul Huda kelurahan Cibabat dan menjadi Penasihat/Pengasuh di Yayasan Bina Insan Sholih (YBIS). Ia pun mendirikan lembaga pendidikan TKIT Generasi Harapan (GENHA).

Dilansir dari www.pksbandungkota.com, karier politiknya dimulai sejak berdiri Partai Keadilan (PK) tahun 1998, beliau ditunjuk sebagai Sekretaris Umum DPD Partai Keadilan (PK) Kabupaten Bandung, hingga Cimahi otonom Juni 2001, memisahkan diri dari Kabupaten Bandung. Karena pengalaman duduk di struktur inti partai sebelumnya, pada 10 Juni 2001 saat Deklarasi Partai Keadilan (PK) di Kota Cimahi yang bertempat di GOR Sangkuriang, Kang Azul dipercaya sebagai Ketua Umum DPD Partai Keadilan yang kemudian berubah menjadi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ia pun pernah menjadi anggota DPRD Kota Cimahi (periode 2004-2009). Lulusan S2 ITB bidang Instrumentasi dan Kontrol ini, pada awal tahun 2007, dipercaya menjadi Ketua Komisi D DPRD Kota Cimahi (pada periode 2004-2009) yang membidangi masalah kesejahteraan rakyat. Dalam kegiatan organisasi olah raga, ia diamanahi sebagai Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Taekwondo Indonesia Kota Cimahi dan Dewan Pembina DPP BODAS PEKA Jawa Barat. Kang Azul pun tercatat pernah menjadi anggota DPRD Kota Cimahi periode 2009-2014 dari daerah pemilihan Cimahi Utara dan menjadi Wakil Ketua DPRD Koordinator Badan Anggaran.