Newsticker

Ridwan Kamil Raih Penghargaan Social Media Award 2016




Gunakan medsos untuk kebaikan, edukasi, informasi positif dan dialog setara. Jauhi medsos untuk hate speech/bully, posting keburukan/negatif, kesia-siaan dan stalking mantan. Karena "positive life comes from positive minds". Nuhun.

Itulah caption di akun Instagram Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang diposting pada Kamis (20/10/2016) terkait raihannya mendapat penghargaaan Social Media Award 2016 kategori kepala daerah sebagai tokoh yang mendapatkan sentimen positif. Penghargaan tersebut diterima oleh Sekdiskominfo. Penyerahan penghargaan Social Media Award 2016 diadakan di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Rabu (19/10/2016) malam.

Hasil Riset Lembaga Independen
Penghargaan Social Media Award dan Digital Marketing Award 2016 diberikan kepada perusahaan dan secara eksklusif kepada perorangan yang sukses membangun citra mereka melalui media sosial. Untuk perorangan, selain Ridwan Kamil tokoh lainnya yang menerima penghargaan tersebut yakni Pandji Pragiwaksono, Raditya Dika, dan Band Kotak.

Penghargaan ini merupakan hasil riset dua lembaga independen yakni Media Wave dan Survey One. Untuk Social Media Award, pemenang merupakan merek atau perorangan yang diperbincangkan secara positif di media sosial. Riset dilakukan melalui penggalian di berbagai media sosial melalui software yang dikembangkan oleh Media Wave. Survei produk dilakukan di lima kota besar yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Sebelumnya, Ridwan Kamil pun pernah mendapat Social Media Award pada tahun 2014 untuk kategori wali kota. Waktu itu ia mendapatkan penghargaan bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Penghargaan tersebut merupakan apresiasi atas kepopuleran Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo di media sosial berdasarkan penilaian conversation positif terkait mereka di media sosial, seperti Twitter, Facebook, blog, dan situs berita online.

Akun Medsos Dikelola Sendiri oleh Ridwan Kamil
Selama memimpin Bandung, Wali Kota yang akrab dipanggil Kang Emil ini memang menjadikan media sosial sebagai saluran komunikasi dan interaksi. Untuk akun Instagram Ridwan Kamil sendiri hingga Kamis (20/10/2016) followers-nya mencapai 4,4 juta dengan jumlah postingan mencapai 3.416. Untuk akun Twitter telah mencapai 1.780.000 followers dengan 40.700 lebih kicauan. Sementara halaman Facebook sudah 2.513.537 orang yang me-like.

Melalui akun media sosial yang dikelola langsung oleh dirinya, suami Atalia Kamil ini biasa memposting seputar informasi program-programnya, laporan kerja, pengumuman untuk warga Kota Bandung, hingga postingan-postingan banyolan. Followers-nya pun bukan hanya warga Bandung tapi juga dari kota-kota lain di Indonesia hingga dari mancanegara.