Informasi

Masjid di Pinggir Hutan Kampung Pondok Buahbatu, Cimenyan Menanti Sumbangan Anda




Warga Kampung Pondok Buahbatu, Desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung belakangan sedang bergiat merenovasi Masjid Nurul Iman. Sebelumnya masjid yang terletak di pedalaman hutan Arcamanik, Kawasan Bandung Utara, sangat tidak layak untuk kegiatan ibadah dan kegiatan ngaji warga desa.

Ir. Didik Harjogi, M.Eng Koordinator Amal-sosial Yayasan Odesa yang selama dua bulan terakhir terlibat aktif melakukan kegiatan pemberdayaan ekonomi melihat bahwa ada keseriusan warga untuk memajukan desanya dalam bidang ekonomi, sosial dan pendidikan.

“Kami melihat ada semangat yang menyala dari warga Pondok Buahbatu untuk maju. Mereka sadar kemajuan bukan sebatas jalan beton. Mereka ingin anak-anaknya sekolah lebih baik. Mereka ingin bisa bergotong-royong bersama dalam hal sosial, dan juga ingin meningkat ekonominya. Dan Masjid ini sepakat selain menjadi sarana ibadah juga pendidikan dan urusan sosial-kemasyarakatan. Sayangnya terkendala biaya. Sekalipun sudah bergotong-royong iuran dan kami juga sudah turut membantu, namun masih kurang karena mahalnya ongkos transportasi belanja material,” kata Dosen Politeknik Negeri Bandung ini, Senin (17/10/2016).

Nanang Muhamad Yusuf, Ketua Pengurus Masjid dan Ketua Kelompok Tani Pondok Buahbatu sangat berharap bantuan dari masyarakat luar Pondok Buahbatu. “Kami sangat berharap uluran tangan dari pihak luar. Nah apalagi sekarang akan dijadikan tempat pemberdayaan. Tentu kami sangat senang. Supaya tamu-tamu dari kota bisa kerasan di sini, punya sarana air yang bagus dan tempat berkumpul secara nyaman,” katanya.

Menurut Nanang saat ini kekurangan bantuan sekitar Rp 35juta. Biaya itu antara lain untuk ubin masjid, tembok depan masjid, sarana wudlu/toilet, kaca, kayu dan membayar tukang bangunan. Bagi yang ingin berdema bisa mengirim bantuan material langsung ke Kampung Pondok Buahbatu, atau mentransfer uang ke No. rekening BRI: 0747-01-019582-53-8 Rekening BRI a.n. Nanang Muhamad Yusuf. Informasi Lebih Lanjut hubungi Didik Harjogi,  di nomor handphone 0821-2788-4870.