Informasi

Little Bandung Store (LBS), Ekspansi Produk Bandung ke Kancah Global




Sumpah Bandung: "Sesungguhnya akan datang sebuah masa dimana Little Bandung Store akan hadir di seluruh kota-kota dunia". Amin. Bersama si cinta dan Pak Hermawan Kartajaya di pembukaan Little Bandung #2 di Anggerik Mall Shah Alam, Malaysia. Kerjasama MICH/MARA dan Pemkot Bandung. Itulah caption di Instagram Ridwan Kamil terkait upaya Pemkot Kota Bandung dalam upaya mengembangkan jejaring promosi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ke tingkat dunia sekaligus bentuk sister city Bandung dengan kota-kota di dunia.

Pada Selasa (4/10/2016) Atase Perdagangan (Atdag) Kuala Lumpur meresmikan pembukaan pertama Little Bandung Store (LBS) di salah satu mall bergengsi di Malaysia yakni Paradigm Mall, Petaling Jaya, Malaysia. Selain dihadiri langsung Ridwan Kamil, peresmian tersebut juga disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Malaysia Marsekal TNI (Purn) Herman Prayitno dan Walikota Petaling Jaya Mohd Azizi bin Mohd Zain.

23 UMKM dengan Aneka Produk
Sementara keesokan harinya, Rabu, (5/10/2016), Little Bandung Wall (LBW) juga diresmikan di salah satu restoran urang Bandung yakni di Restoran Bumbu Desa, Vista Shah Alam. Sebanyak 23 UKM asal Bandung ditampilkan dalam LBS dengan aneka produk dari Bandung, dari produk makanan ringan, kosmetika, kerajinan tangan, fashion, dan lainnya.

Little Bandung merupakan program Pemkot Bandung untuk mempromosikan produk-produknya di mancanegara. Inilah upaya Pemkot Bandung dalam mempromosikan produk Bandung untuk mulai merambah kota-kota di dunia. Dan Malaysia merupakan salah satu negara yang diincar jadi segmen promosi. Bandung dan Malaysia sendiri selama ini dikenal memiliki kaitan baik dalam bidang wisata. Banyak wisatawan asal Negeri Jiran tersebut yang menjadikan Bandung sebagai destinasi wisata.

Sementara dalam dua tahun terakhir, Pemkot Bandung dan KBRI Kuala Lumpur telah dilaksanakan beberapa kegiatan promosi Little Bandung seperti Little Bandung Mobile, Little Bandung Wal, hinga partisipasi dalam pameran tunggal “Experience Remarkable Indonesia-featuring Little Bandung”. Dan peresmian LBS di beberapa tempat di Malaysia tersebut merupakan wujud untuk lebih memperat hubungan ekonomi, perdagangan, sosial, dan budaya antara Bandung dan Malaysia.