Newsticker

Gelar Karya Lembaga Kursus Tingkat Kota Bandung 2016




Dalam rangka memeriahkan HUT ke-206 Kota Bandung, Dinas Pendidikan Kota Bandung dan HIPKI Kota Bandung mempersembahkan Gelar Karya Lembaga Kursus Tingkat Kota Bandung dan Seminar Internasional dengan tema "Peran Lembaga Kursus dan Pelatihan sebagai Pelaku Ekonomi Kreatif dalam Menghadapi Persaingan Global". Kegiatan yang digelar pada Sabtu, (8/10/2016) tersebut berlangsung di Jl. Dr. Ir. Sukarno (Jln. Cikapundung Timur), Kota Bandung.

Digelar Aneka Kegiatan
Acara ini dimeriahkan dengan pameran, kursus kilat gratis, festival kuliner dan seminar yang terdiri dari tiga sesi. Sesi pertama yang berlangsung pagi yaitu seminar internasional dengan keynote speaker Ridwan Kamil (Wali Kota Bandung), dan pembicara-pembicara seperti Otje Popong Junjunan (Anggota DPR RI), Yusuf Muhyiddin (Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan) , Elih Sudiapermana (Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung), Atalia Kamil (Istri Wali Kota Bandung), Frank Lanosman (Career Development Center), dan Ishviastiti Oscar (Pimpinan Yayasan Pendidikan Ariyanti).

Berlanjut pada sesi siang ada Jodi Janitra (Ketua Umum HIPMI Jabar), DJ Arie (Owner DJ Arie School), Iwa Kartiwa (Ketua Kadin Kota Bandung), Fiki Satari (Ketua BCCF), Iwan Gunawan (Wakil Ketua Kadin Jabar), dan sesi malam bersama pembicara Agung Suryamal (Ketua Kadin Jabar), Zoelkifli M Adam (Ketua DPD HIPKI Jabar), Nasrun Tadjuddin (Ketua DPP HIPKI), Herlas Juniar (DPRD Jabar).

Sosialisasi dan Partisipasi Lembaga Kursus
Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengapresiasi inisiatif masyarakat yang sudah ikut serta berpartisipasi memberikan layanan kebutuhan berbagai kompetensi di Kota Bandung, karena Pendidikan Nonformal khususnya kursus ini inisiatif masyarakat.

"Kami mengapresiasi mereka yang menunjukan bahwa mereka punya karya. Kita juga sosialisasikan ke pemerintah dan masyarakat bahwa banyak lembaga nonformal yang menjanjikan untuk di era persaingan ini, untuk memilih kompetensi yang diperlukan," ungkap Elih Sudiapermana, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung.

Menurut perwakilan HIPKI, ada sekitar 40 Lembaga Kursus dan Pelatihan di Kota Bandung hadir dan turut menunjukan karyanya, dari kategori vokasional maupun non vokasional. Lembaga Kursus dan Pelatihan adalah salah satu bentuk satuan Pendidikan Non Formal yang diselenggarakan bagi masyarakat yang memerlukan bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup, dan sikap untuk mengembangkan diri, mengembangkan profesi, bekerja, usaha mandiri, dan/atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.