Newsticker

ECO Bambu Cipaku, Kampung Seni Budaya Sunda di Bandung Utara




Upaya untuk melestarikan dan mengembangan seni budaya Sunda terus digemborkan oleh berbagai pihak, dari masyarakat, komunitas, pemerintah daerah, hingga para pelaku usaha. Ini tiada lain untuk ngageuing kembali bahwa Tatar Sunda memiliki khazanah seni budaya dan bahasa yang harus tetap dilestarikan dan dikembangkan. Arus zaman yang kian menggerus sendi-sendi nilai lokalitas memang menjadi salah satu penyebab semakin lunturnya pengenalan seni budaya di masyarakat, terutama kaum muda.

Inilah yang kemudian menggerakkan pendiri Sanggar Seni dan Budaya ECO Bambu Cipaku Andreas Wihardja dibantu oleh pemilik PT Cipaku Indah pada 2012. Beberapa bulan kemudian setelah diresmikan pada 22 Maret 2015, sanggar seni ini menjadi Kampung Wisata ECO Bambu. Peresmian sendiri dihadiri langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan para tokoh Sunda di Bandung.

Education Cipaku Oase (ECO) Barisan Muda Bandung Utara (Bambu), menyajikan konsep kawasan kampung seni budaya sunda. Lokasinya di daerah belakang kompleks Cipaku Indah, Cidadap, Ledeng, Kota Bandung. ECO Bambu Cipaku merupakan kawasan terpadu dimana selain kampung wisata, juga ada hotel, restoran, kolam renang, kolam pemancingan, hingga restoran ala tempo doeloe.

Wisata Edukasi
Di tempat ini, pengunjung bisa menyaksikan latihan silat, rampak kendang, hingga wushu yang biasa digelar rutin. Bangunan bambu lainnya ada area penonton, aula, mushola, dan saung-saung untuk istirahat sejenak. Tempat ini pun kini kian populer menjadi salah satu destinasi wisata seni budaya, baik pengunjung wisatawan lokal dan mancanegara, para siswa sekolah, mahasiswa, hingga para peneliti dan komunitas yang tertarik dengan kegiatan seni budaya Sunda.

Tak heran jika tempat ini selalu ramai dengan kunjungan wisata edukasi dari anak PAUD, SD, SMP, SMA, dan mahasiswa. Di sini, para pengunjung bisa melihat bagaimana proses pembuatan angklung, belajar menganyam, hingga mencoba bermain permainan anak tradisional khas Sunda. Tempat ini pun biasa menjadi tempat kegiatan lembaga-lembaga pemerinatah dan perusahaan yang mengadakan kegiatan meeting hingga gathering.

Tempat Wisata Terpadu
Bagi Anda yang ingin menikmati kesejukan alam yang masih asri, tempat ini bisa menjadi pilihan. Anda bisa berdiam di saung sambil menikmati angin yang ngahiliwir. Pemandangan nan hijau juga bisa Anda nikmati di kawasan lembah yang ditanami pohon-pohon dan tanaman bambu. Bagi Anda yang membawa anak-anak, bisa sekalian mengajaknya berkeliling di area hutan kota sambil menikmati pemandangan air sungai yang masih jernih.

Di sini pun, pengunjung bisa berwisata main air di Kolam Renang Bukit Indah Cipaku yang letaknya tak jauh dari ECO Bambu Cipaku. Sementara di dekat hutan kota, Anda dan keluarga bisa bergembira bersama dengan kegiata memancing di Kolam Pemancingan Cipaku. Bagi pengunjung dari luar kota, bisa sekalian menginap di The Cipaku Garden Hotel. Untuk menikmati kuliner, di dekat kolam pemancingan ada Kemangi Resto yang menyajikan menu kuliner khas pilemburan.

Akses ke ECO Bambu Cipaku
Lokasi ECO Bambu Cipaku berada di bagian bawah kompleks Perumahan Cipaku Indah. Dari tol Pasteur ambil ke arah Jln. Setia Budhi (Ledeng) terus ka arah Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Tepat di belokan Kampus UPI setelah Masjid Al-Furqon, belok kanan ke arah Perumahan Cipaku Indah. Masuk ke area perumahan ini, jalan menurun karena termasuk kawasan perbukitan Bandung utara.

Di sepanjang jalan ada penunjuk arah ke Cipaku Garden Hotel. Lokasinya dekat selepas Kantor Kelurahan Ledeng, nanti ada pertigaan dimana yang kiri ke arah hotel dan kanan ke arah Kolam Renang Cipaku dan Kampung Wisata ECO Bambu Cipaku. Untuk fasilitas penunjang lain tersedia area parkiran luas, toilet, musala, dan lainnya.

Angkutan umum:
1. Angkot Cicaheum - Ledeng
2. Angkot Kebon Kalapa - Ledeng
3. Angkot St. Hall - Lembang
4. Angkot Ciroyom - Lembang
5. Bus DAMRI Leuwipanjang - Ledeng
5. Bus DAMRI Cicaheum - Ledeng

ECO Bambu Cipaku
Jln. Cipaku Indah XII No. 8, Cidadap,
Kelurahan Ledeng, Kota Bandung
(Samping Kolam Renang Cipaku)

Jam operasional:  Buka setiap hari mulai pukul 08.30 - 18.00 WIB

Informasi dan reservasi:
Telepon/SMS/WA: 0857-2270-0945