Newsticker

British Council Gelar UK/ID Festival 2016




Organisasi internasional asal Inggris untuk hubungan budaya dan kesempatan pendidikan British Council untuk pertama kalinya menggelar UK/ID Festival 2016 yang akan berlangsung pada 18 Oktober-10 Desember 2016 di delapan kota d Indonesia.

Festival yang mengedepankan kolaborasi antara 33 organisasi kesenian dan pelaku seni asal Indonesia dan 26 seniman asal Inggris itu resmi dibuka di NuArt Gallery & Sculpture Park, Bandung pada Selasa (18/10/2016) dan akan menyambangi Jakarta, Solo, Surabaya, Medan, Padang, Ubud, dan Yogyakarta.

"Penyelenggarlaan UK/ID Festival 2016 diharapkan dapat menciptakan berbagai hubungan baru antara seniman, produser, kurator, dan organisasi seniman asal Inggris dan Indonesia," kata Direktur British Council di Indonesia, Paul Smith OBE saat  malam pembukaan

Talenta Kreatif
Program UK/ID Festival 2016 sendiri merupakan bagian dari program tiga tahun UK/Indonesia 2016-2018 yang diluncurkan ketika kunjungan Presiden Jokowi ke Inggris pada April lalu. Lebih lanjut, Paul Smith mengatakan fokus UK/ID festival 2016 adalah talenta kreatif muda dan berbagai kemungkinan pemanfaatan teknologi baru di bidang digital secara artistik.

Sementara itu Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik mengatakan UK/ID Festival merupakan salah satu wujud implenmentasi nota kesepahaman ekonomi kreatif yang telah di tandatangani oleh badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia dan Kementerian Kebudayaan Inggris.

"Inggris dan Indonesia memiliki banyak sekali potensi kerja sama yang saling menguntungkan. UK/ID Festival 2016 menunjukan bahwa banyak hal hebat dapat tercipta ketika Inggris dan Indonesia berkolaborasi," kata Dubes Moazzam Malik.

Suguhan Film Pendek
Dalam pembukan UK/ID  Festival 2016 di Bandung, para pengunjung disuguhi tontonan sejumlah film pendek peraih penghargaan yang diputar oleh Serrum Studio melalui program Grabak Bioskop: layar inspirasi serta pertunjukan seni musik dan virtual XFRMR (dibaca : transformer) karya Robbie Thomson yang memanfaatkan kemampuan bunyi kumparan Tesla.

"Seniman muda asal Inggris dan Indonesia memiliki kreativitas yang fantastis dan menggunakan teknologi baru dengan berbagai cara yang luar biasa. Melalui festival ini, kami ingin menceritakan hal itu sehingga Indonesia dan Inggris bisa lebih mengenal satu sama lain," kata Direktur Seni dan Industri Keatif British Council di Indonesia Adam Pushkin.

Kota Lainnya
Robby Thomson juga akan berkunjung  ke dua kota lain (Surabaya dan Yogyakarta). Sementara gerobak bioskop: layar inspirasi juga akan hadir di Jakarta dan Surabaya. UK/ID Festival  akan berlanjut pada 24-26 Oktober 2016 lewat tema fashion futures yang ikut ambil bagian dalam gelaran Jakarta Fashion Week 2017.

Festival ini ini juga akan menghadirkan James Cousins Company, kelompok tari yang akan menampilkan pementasan"Rosalind" yang terinspirasi dari "As You Like it" karya penyair William Shakespeare di Jakarta (25 Oktober) dan Solo (26 oktober). UK/ID Festival 2016 akan dipusatkan pada Digital Desaign weekend di Kota Tua Jakarta pada 19-20 Nevember 2016.