Newsticker

24 Taman Tematik di Bandung Favorit Wisatawan




Selama tiga tahun terakhir, Kota Bandung membuat puluhan taman tematik. Taman-taman tersebut kebanyakan merupakan hasil revitalisasi dan penambahan fasilitas. Selain taman yang dikelola Pemkot, ada juga taman-taman yang dikelola pihak swasta. Taman-taman tersebut menjadi objek-objek wisata Bandung yang kian populer di kalangan wisatawan dan warga Bandung sendiri.

Berikut ini beberapa taman tematik yang terkenal di Kota Bandung:

1. Taman Vanda
Berlokasi di Jalan Merdeka (seberang Polrestabes Bandung) yang dilengkapi dengan air mancur. Nama Taman 'Vanda' sendiri diambil dari salah satu nama jenis anggrek. Taman ini sudah ngehits di kalangan wisatawan. Apalagi saat air mancur yang dinyalakan malam hari biasa menjadi tempat objek foto favorit.

2. Taman Tepian Anak Sungai Cikapayang
Ini merupakan tetangganya Taman Vanda yang persis berada di seberang (area Balai Kota Bandung). Taman ini kerap dijadikan tempat nongkrong para wisatawan dan biasa tempat anak-anak bermain air. 

3. Taman Pustaka Bunga Cilaki
Taman inidulunya dikenal taman Cilaki ini, kini lebih cantik dengan ditanami sekitar 100 ribu bunga dari berbagai jenis. Suasana sejuk dan asri membuat banyak orang betah berlama-lama di tempat ini. Pengunjung taman harus mengikuti aturan masuk ke taman ini: tidak boleh bawa makanan, minuman, dan binatang.

4. Taman Fotografi
Berada di Jalan Anggrek (bisa masuk dari arah Jalan Gandapura atau Jalan Riau). Fasilitas yang disediakan di sana yakni kelengkapan yang menunjang kegiatan fotografi, seperti cermin-cermin, spot foto dan lainnya. Taman ini dilengkapi dengan WiFi Bandung Juara dan arena bermain anak di sebelah timur.

5. Taman Jomblo (Taman Pasupati)
Nama tersebut tercetus karena taman yang lokasinya berada di kolong jembatan Pasupati tersebut terdapat single seat atau bangku yang didesain untuk duduk sendiri. Taman tersebut banyak didatangi anak-anak muda Bandung untuk sekadar nongkrong atau berfoto-foto.

6. Taman Film
Taman ini berlokasi bawah jalan layang Pasupati, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung. Taman tematik ini diresmikan pada Minggu, 14 September 2014). Taman Film Bandung merupakan taman yang dibangun khusus untuk warga Kota Bandung menonton film. Taman ini memiliki luas 1300 meter persegi dan berkapasitas 500 orang penonton.

7. Taman Musik
Taman yang berlokasi di Jalan Belitung dekat SMAN 3 dan SMAN 5 (depan Centrum). Taman ini diperuntukkan bagi mereka gemar musik, terutama anak band. Tempat itu jadi bisa jadi tempat bagi band-band yang ingin manggung. Jika ingin membuat pertunjukan musik, syaratnya pun cukup mudah cukup koordinasi dan mengajukan perizinan pada Diskamtam.

8. Taman Lansia
Taman sebetulnya bukan hanya "milik" kaum lanjut usia, siapapun bisa masuk ke taman ini. Taman ini terletak di Jalan Cisangkuy Bandung (dekat Gedung Sate) dan biasa digunakan sebagai tempat olah raga maupun rekreasi keluarga atau hanya ingin duduk santai saja. Salah satu objek menarik yang ada di sini adanya patung replika dinosaurus.

9. Taman Skateboard
Setelah ada Taman Jomblo dan Taman Film, di kolong Jembatan Layang Pasupati ini juga terdapat Taman Skateboard yang letaknya tak begitu jauh dari Taman Jomblo.

10. Taman Superhero
Terletak di Jalan Bengawan, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung. Di sini ada patung superhero lokal yang dipajang, Gatotkaca. Sosok patung Gatotkaca yang ada di taman ini merupakan patung karya seorang perupa ternama dari Kota Bandung. Tubuhnya tersusun dari potongan logam tak terpakai. Beratnya disebut sampai ratusan kilogram.

11. Taman Balai KotaTerletak di dalam kompleks Balai Kota Bandung. Di taman menyimpan beberapa patung seperti Patung Dewi Sartika (pahlawan wanita Jawa Barat) dan patung badak putih. Spot menarik di sini adanya Taman Labirin dan gembok cinta.

12. Taman Pramuka
Taman ini letaknya berdekatan dengan tempat wisata kuliner di sepanjang Jln. Riau (dekat perempatan ke Jln. Gandapura). Taman ini biasa menjadi kumpulnya para anggota Pramuka atau tempat nongkrong anak-anak muda Bandung.

13. Taman Lalu Lintas
Inilah taman yang dekat dengan area Kodam III Siliwangi, yakni di Jl. Belitung, Sumur Bandung, Kota Bandung (sebelah barat SMAN 3 dan SMAN 5).

14. Taman Cibeunying
Kini, ada bentuk baru dari robot Transformers yakni tokoh-tokoh Mecharobo alias Transkotmer, yaitu robot angkot. Warga Bandung tak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika untuk melihatnya, karena  tokoh Transformers yang bertransformasi dari angkot ini ada di Taman Cibeunying, Jl. Cibeunying, Kota Bandung.

15.  Taman Inklusi
Untuk  memahami kebutuhan kaum disabilitas, maka Pemerintah  Kota Bandung  melalui Dinas Pertamanan dan Pemakaman meminta  pendapat kaum disabilitas untuk mendesain taman ini. Hal itu sangat  penting dilakukan  karena  taman  ini mampu menjadi  tempat  yang nyaman dan aman bagi kaum disabilitas.  Taman seluas 400 meter persegi ini terletak di Taman Maluku (dekat GOR Saparua/Jln. Aceh - Jln. Saparua).

16. Taman Active Park
Active Park terletak di kawasan Taman Supratman, Bandung. Hadirnya taman ini merupakan salah satu program untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Program ini diinisiasi Coca-Cola Indonesia sejak tahun 2013 lalu dan berkolaborasi dengan pemerintah, swasta, perhimpunan dokter dan komunitas.

17.  Taman Alun-Alun Ujungberung
Area publik ini telah dibenahi yang berlokasi di Alun-alun Ujungberung, Bandung Timur. Pada Minggu, 14 Juni 2015, Wali Kota Bandung Ridwan Kami telah meresmikan Taman Ujungberung yang letaknya di kompleks Masjid Agung dan Pasar Ujungberung.

18. Taman Pers
Taman ini dibangun di Jalan Malabar (sebelah selatan Pasar Kosambi). Area RTH yang selama ini sudah ada didesain kembali untuk taman pers. Taman biasa jadi tempat berkumpul wartawan, tempat diskusi, atau mengetik berita. Fasilitas yang ada antara lain: joglo/saung, toilet portabel, dan akses WiFi untuk mendukung para wartawan mengirim berita ke redaksi.

19. Taman Gesit
Terletak di Jl. Dipatiukur, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung (dekat area Car Free Day Dago)/ Taman ini merupakan hasil kerja sama antara pihak ketiga dengan Diskamtam Kota Bandung.

20. Taman Alun-Alun Bandung
Berada persis di depan Masjid Raya Bandung. Taman ini sekarang jadi spot berkumpulnya masyarakat yang ingin menikmati suasana Alun-Alun dan Masjid Agung. Di zaman serba media sosial kini, para pelaku foto selfie dengan senjata tongsisnya turun menghiasi aktivitas di Taman Alun-Alun tersebut.

21. Taman Pet Park
Taman ini lokasinya di Jalan Cilaki (dekat Taman Lansia dan Taman Kandaga Puspa). Taman ini sengaja dibuat karena sekitar kawasan tersebut selama ini rimbun oleh pepohonan. Adapun taman yang ditata ulang untuk Pet Park ini luasnya sekitar 800 meter persegi. Di taman ini biasa menjadi tempat kumpulnya mereka yang hobi memelihara hewan peliharaan.

22. Taman Teras Cikapundung
Teras Cikapundung di Jalan Siliwangi (turunan dari pertigaan ke Ciumbuleuit)/sebelah barat hutan kota Babakan Siliwangi. Taman di area jalur Sungai Cikapundung ini menjadi trending topic baru. Suasananya memang sangat pas dikunjungi buat santai maupun buat berfoto selfie. Pengunjung taman disuguhi suasana alam dengan sensasi aliran sungainya. Teras Cikapundung merupakan ruang publik dengan konsep urban dan ekologi di sekitar aliran Sungai Cikapundung.

23. Cikapundung Riverspot
Terletak di Jalan Dr. Ir. Sukarno/Cikapundung Timur dulunya jalur perlintasan kendaraan umum dari arah Jalan Asia Afrika menuju Jalan Naripan. Area publik di dekat Gedung Merdeka ini kini tempat paling ngehuts untuk selfie, apalagi di malam hari. Penataan trotoar yang dilengkapi dengan bangku cantik dan pot kembang besar terinspirasi gaya penataan ruang public di Cannes, Perancis.

24. Taman Tegallega
Berada di seberang Museum Sri Baduga, Kota Bandung. Taman seluas 16 hektare ini sedang direvitalisasi dengan dirancang modern dengan konsep taman masa depan. Konsep revitalisasi kawasan Tegallega tetap mengusung tema ruang terbuka publik. Sejumlah sarana akan diperbaiki, namun tidak mengubah karakter taman sebagai kawasan konservasi.‬