Newsticker

Wali Kota Bandung dan Sekda Provinsi Jabar Uji Coba Keamanan Ketinggian Fly Over Gedebage




Kehadiran fly over dikeluhkan warga Kompleks Adipura, Kec. Gedebage, Kota Bandung yang mengkhawatirkan tinggi fly over yang diduga tidak cukup untuk dilintasi oleh kendaraan pemadam kebakaran. Pada Minggu (4/9/2016) Wali Kota Bandung  Ridwan Kamil didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa melakukan peninjauan ke lokasi dan sekaligus melakukan pengukuran tinggi jembatan dengan melaksanakan simulasi menggunakan dua jenis mobil pemadam kebakaran dengan ukuran yang berbeda.

Bisa dilalui mobil Damkar
Dengan dilakukannya pengukuran tinggi jembatan, Emil memberi bukti bahwa kolong fly over tersebut bisa dengan mudah dilalui oleh kendaraan pemadam kebakaran. Saat mencoba layaknya petugas Damkar, dengan jongkok di atas mobil di atas mobil tersebut,  Emil membuktikan sendiri bahwa mobil masih bisa ditumpangi oleh petugas dan aman untuk melalui fly over.

“Nah, hari ini bersama Pak Sekda Provinsi Jabar, kita membuktikan ada dua alternatif, yang pertama lewat kolong jembatan tingginya tidak ada masalah. Tidak seperti yang dikhawatirkan, tingginya tidak mencukupi. Sudah diuji, dua mobil dengan beda ketinggian standar pemadam bisa lewat dan bisa melakukan manuver 180 derajat,” tutur pria Ridwan Kamil.

Emil pun menambahkan, jalan-jalan alternatif  sudah disiapkan dan tentunya berproses, jalan alternatif ke perumahan Adipura itu sudah bagian yang direncanakan. Semua pembangunan ini harus seimbang antara  kepentingan yang lebih besar dan kepentingan kelompok juga. Menuutnya, jalan-jalan alternatif tersebut sudah disiapkan dimana semuanya berproses. Dan itu semua bukan urusan pengembang semata melainkan telah ada dalam Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Bandung.

“Dengan sudahnya pengujian Damkar tadi, pembangunan tetap bisa dilanjutkan mohon didukung karena semua aspirasi dan kekhawatiran sudah dibuktikan tidak terjadi di sini,” tegas Emil.

Diharapkan mendukung
Dalam kesempatan yang sama, Sekda Provinsi Jabar Iwa Karniwa pun berharap agar masyarakat tidak mudah mengambil keputusan yang belum pasti akan kebenarannya serta berharap agar seluruh warga Adipura mendukung jalannya pembangunan jalan tersebut.

“Saya mohon dan pengertian serta dukungan khususnya warga Adipura, tanpa dukungan warga pembangunan berjalan dengan lambat. Ini tidak menguntungkan untuk semua pihak, sekarang sudah dibuktikan oleh Pak Wali dan saya menyaksikan langsung bahwa yang dikhawatirkan oleh warga Adipura sebenarnya tidak menjadi kenyataan, karena elevasinya masih ada tinggi kendaraaan pemadam kebakaran masih bisa masuk,” tutur Iwa.