Informasi

Sukarelawan, Ujung Tombak Pengelolaan Rumah Baca




Pernahkah terlintas dalam pikiran Anda untuk menjadi volunteer atau relawan di suatu lembaga atau komunitas? Untuk berkecimpung dalam dunia relawan, salah satunya Anda bisa bergabung di rumah baca. Seperti Rumah Baca Ujungberung (RBU) yang berdiri atas gagasan pasangan suami istri, Teh Santi dan Kang Bana tahun 2009. Rumah baca ini berada di Andir Kaler No. 05 RT 06 RW 03, Kelurahan Cigending, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung.

RBU merupakan salah satu rumah baca yang dibesarkan oleh campur tangan para volunteer atau relawan. Volunteer adalah orang-orang yang sangat membantu sekali untuk perkembangan suatu lembaga atau komunitas. Para volunteer secara suka rela ikut serta mendukung kemajuan suatu lembaga/komunitas. Banyaknya yang ingin menjadi volunteer di RBU menjadi wajah komunitas ini lebih bervariasi.

Berbagi Tugas
Berbagai bentuk kegiatan relawan mulai dari menata komunitas; merapikan koleksi dan katalogisasi buku; penghimpunan hibah buku; festival tahunan;  gerakan spontanitas; publikasi dan apresiasi; sampai urusan aktualisasi diri ini semua dibantu oleh volunteer.

Seperti halnya juga di Rumah Baca Ujungberung ada beberapa sukarelawan yang membantu pengembangan dan pengelolaan RBU.

" Di sini ada Kang Nurachman sebagai pengelola yang punya tugas khusus konseptor RBU. Ada lagi bagian urusan desain RBU dibantu Kang Ahmed mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yang sudah dua tahun menjadi relawan RBU," ungkap penggagas RBU Kang Bana.

Kegiatan volunteer pun disesuaikan dengan kemampuan, keinginan, atau disesuaikan dengan kebiasaan juga, sehingga ini akan membuat para volunteer mengekplorasi diri para volunteer. Menjadi volunteer akan membuat kita banyak belajar, karena terlibat langsung dalam kegiatan lembaga/komunitas menjadi pengalaman hidup yang berharga.