Informasi

Pembangunan di Dekat Mata Air, Warga Kecamatan Cidadap Resah




Kelurahan Ledeng, Kecamatan Cidadap adalah daerah Kota Bandung yang berbatasan dengan Kabupaten Bandung Barat. Daerah ini pun sebagai daerah resapan dan daerah sumber mata air yang mengairi kota Bandung sejak dahulu. Bahkan, di Kelurahan Ledeng RW 05 terdapat bangunan tua, dimana pada bangunan tersebut tertera tulisan dibangun pada tahun 1921. Dari sinilah sejarah air ledeng (sekarang PDAM) di Bandung dimulai. Sumber mata air di sini pun pun cukup besar sampai sekarang.

Tapi sekarang, warga RW 05 Kelurahan Ledeng sedang dilanda kegelisahan. Hal tersebut karena di area sumber mata air yang jadi sumber kehidupannya akan dibuat jalan layang untuk akses ke salah satu perumahan yang lagi dalam tahap pembangunan.

Ayi, salah satu warga yang dtemui tim seputarbandungraya.com pada Sabtu (10/9/2016), mengaku resah kalau pembangunan ini terus berjalan. Kekhawatirannya karena bisa-bisa rumahnya akan tergusur longsor dan air yang selama ini jadi kehidupan warga akan habis juga.

"Saya khawatir kalau pembangun ini tetap berjalan, rumah saya akan kebawa longsor dan mata air yang biasa kita manfatkan selama ini akan habis juga." terang ayi yang rumahnya persis dekat saluran mata air dan jalan.

Ayi juga menambahkan, di daerahnya itu adalah sumber mata air bahkan zaman kakeknya dulu, mata air bisa dimanfaatkan untuk memandikan kerbau, saking luasnya, Namun kini, pembangunan tetap berjalan walau dalam keadaan disegel. Dan dari pantauan tim seputarbandungraya.com di lapangan, terlihat di atas sumber mata air ini sedang berlangsung pembangunan jembatan layang.

Padahal, di situ jelas terpampang plang PDAM yang menerangkan larangan membangun,dan bangunan ini juga pernah disegel. Bahkan sampai sekarang segelnya masih terbentang tapi pembangunan jalan terus, Sampai berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari pihak terkait tentang permasalahan ini. (BI)