Informasi

Dinding Jalan Siliwangi Dipercantik dengan Mural Bertema Perjalanan Kebahagiaan Bandung




Untuk memperindah Kota Bandung, Ikatan Alumni Institut Teknologi Badung (ITB ) mengadakan kegiatan mural di dinding tembok Jln, Siliwangi Bandung dengan melibatkan 30 komunitas seni kreatif yang ada di Bandung. Selasa (13/09/2016). Lukisan mural di dinding pinggir jalan penghubung Jln. Ciumbuleuit dan Simpang Dago  tersebut menggunakan 728 liter cat dengan berbagai warna.

Pembukaan seni mewarnai dinding ini dilakukan di Teras Cikapundung. Ada pun yang hadir dalam acara ini adalah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil beserta istri, Camat Coblong Anton Sugiana beserta jajarannya, konseptor mural Bandung dan sekaligus alumni ITB Andi Yudha Picu Pacu, perwakilan Cultura Creative Studio John Martono, bintang tamu Chikita Fawzi, dan masyarakat yang turut hadir menyaksikan acara tersebut.

Mengusun A Journey of Happines
Kegiatan yang melibatkan banyak peserta pencinta seni mewarnai ini rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari, yaitu 13 sampai 15 September 2016. Tema dalam kegiatan ini yaitu “A Journey of Happines”. Tembok yang akan menjadi media gambar yang membentang sepanjang 476 meter akan diwarnai oleh seluruh peserta, dimana setiap komunitas mendapatkan bagian masing- masing lebar 10 meter dan tinggi 2,9 meter.

Adapun metode penggambaran dibagi menjadi tiga macam, yaitu :
- Local genius Bandung,dimana media tembok akan diwarnai dengan ciri khas kota Bandung seperti budaya, warisan sejarah, kuliner, dan fashion.
- Bandung futuristik, masyarakat akan diajak untuk brimajinasi tentang kemajuan Bandug di masa depan.
- Bandung sebagai model alam yang lestari, yaitu Bandung digambarkan sebagai kota hijau yang lestari dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaganya.

Memperindah Dinding
Dalam sambutannya, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyampaikan bahwa mencintai Bandung itu ada dua cara yaitu memelihara yang sudah bagus dan mempercantik yang biasa- biasa saja. Kegiatan mural adalah untuk memperindah dinding-dinding tembok yang ada di Bandung.

“Bandung terlalu indah untuk dicuekin dan masih banyak tembok yang masih kotor di Kota Bandung, maka tolong diberi warna atau dimural agar para para pengguna jalan tidak merasa stress karena hanya melihat tembok dan dinding beton saja,” tutur Ridwan Kamil.

Sementara Presiden Direktur PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) Jun de Dios mengungkapkan bahwa perusahaannya merasa terhormat menjadi bagian dari kegiatan ini dan bangga dapat dipercaya dalam penyediaan cat yang diperlukan untuk pembuatan mural.

"Kami sudah lama mengagumi keindahan dan pesona Kota Bandung, terutama arsitektur dan kreativitas warganya selama bertahun-tahun. Sebagai otoritas warna, hal ini merupakan aspirasi kami dalam memberikan program yang bermanfaat, konstruktif dan berwarna tanpa batas yang dapat dinikmati oleh semua orang," kata Jun De.

Dirinya sangat percaya dalam kekuatan transformasi warna dan kemampuannya dalam memberikan dampak positif kepada masyarakat yang tinggal dan bekerja di kota penuh semangat ini. Hal tersebut sejalan dengan tujuan perusahaannya dalam menciptakan hal-hal esensial yang dapat membuat kehidupan sehari-hari lebih nyaman dan menginspirasi, melalui tiga kekuatan: bahan esensial, perlindungan esensial, dan warna esensial.

Jun De pun menambahkan, ia akan sangat senang berkontribusi di kesempatan lainnya dimana dapat membantu membuat Bandung lebih berwarna dan penuh inspirasi, serta membuat warganya merasa terhubung dengan kotanya. Ia pun berharap dapat bekerjasama dengan pemerintah untuk merealisasikannya di masa mendatang. Ia pun menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Bandung dan semoga berhadap Bandung dapat menjadi kota yang lebih kreatif, bersemangat, menyenangkan, serta membawa lebih banyak kemakmuran bagi warganya.