Newsticker

Google Trips, Aplikasi Info Layanan Wisata




Penetrasi perusahaan raksasa Google terus melebarkan sayapnya. Dan Google pun menangkap peluang perkembangan wisata dunia. Kini, aplikasi baru telah hadir bernama Google Trips yang diluncurkan di Playstore pada Senin, 19 September 2016. Aplikasi keluaran raksasa teknologi asal Mountain View ini menyajikan fitur layaknya asisten pribadi bagi para penggunanya.

Hanya dengan sentuhan di layar smartphone, pengguna bisa mengorganisasi segala kebutuhan perjalanan, dari tiket pesawat, hotel, wisata kuliner, lama perjalanan, dan panduan wisata lainnya. Tim seputarbandungraya.com mencoba mengunduh di Playstore (21/9/2016) dan aplikasi ini baru diunduh 10.000 kali. Untuk tampilannya terbilang ringan dan bisa digunakan secara offline. Dengan begitu, pengguna akan lebih hemat paket data saat melancong ke kota yang dikunjungi.

"Aplikasi Trips pada Google merupakan puncak dari produk Travel Google yang telah dikerjakan lebih dari 2 tahun," demikian ungkap Richard Holden, Wakil Presiden Manajemen Produk Google sebagaimana dilansir Theverge.

Sementara dari keterangan Google Trips di Playstore diungkapkan bahwa dengan aplikasi ini pemesanan perjalanan secara otomatis dikumpulkan dari Gmail dan disusun dalam perjalanan individu. Saat perjalanan Anda, ada sajian seputar rencana hari, hal yang harus dilakukan, tempat makanan dan minuman, dan banyak lagi. Fitur lainnya, pengguna bisa mengecek dan memesan tiket penerbangan, hotel, sewa mobil, dan restoran. Sementara berdasarkan peta online (Google Maps), Anda dapat menyesuaikan tujuan wisata berdasarkan minat dan waktu yang tersedia.

Maksimalkan Profil Usaha Anda di Google Business
Di aplikasi Google Trips ini pun Anda bisa melihat tempat populer mana saja yang dekat  populer  dan disertai ulasan dan penilaian dari wisatawan lainnya. Inilah yang menjadi sisi keuntungan bagi para pebisnis bidang wisata. Mereka bisa meningkatkan promosi profil usahanya di Google Business dimana ada profil layanan, peta lokasi usaha, hingga ulasan (review) dari para wisatawan berupa testimoni dan tanda bintang. Inilah yang menuntut para pebisnis bidang wisata untuk lebih memaksimalkan pengelolaan profil usaha mereka di Google Busines/Google Maps.

Dengan segala kemudahan yang dihadirkan, kiranya Google Trips ke depannya akan semakin banyak yang mengunduh. Apalagi database profil-profil usaha semakin banyak di Google Business yang terintegrasi dengan Google Maps. Inilah peluang bagi para pelaku usaha (tempat wisata, usaha kuliner, hotel maupun penginapan) untuk bisa menjadikan profil usahanya nampang di Google Trips. Semakin banyak review dan tanda bintang, usaha Anda akan semakin dikenal. Apalagi jika dibantu dengan promosi iklan, misalnya di Google AdWords atau kerja sama dengan reviewers/local guides Google.

Sementara bagi para pengguna, aplikasi ini tentu lebih memudahkan untuk mengakses informasi seputar tempat-tempat dan layanan wisata di kota yang Anda sambangi. Ya, walaupun aplikasi ini sepertinya masih terus dikembangan oleh pihak Google. Hal ini terlihat dengan masih minimnya beberapa informasi wisata, seperti info wisata di Bandung.

Namun pastinya pihak Google akan terus mengembangkan aplikasi ini dengan sajian-sajian informasi profil layanan-layanan wisata yang semakin disempurnakan, dari kuantitas tempat wisata maupun konten-kontennya.