Newsticker

Geliat Wirausaha Masyarakat di Cigondewah dan Sekitarnya




Kawasan Cigondewah di Bandung sudah lama dikenal sebagai salah satu kawasan wisata belanja kain. Toko-toko yang menjual kain dengan konsep kiloan atau meteran berjajar dari Cigondewah Rahayu, Cigondewah Kaler, hingga Cigondewah Kidul. Penjualannya pun bisa sistem partai ataupun eceran. Dan usaha jualan kain di Cigondewah pun sejak lama menjadi mata pencaharian masyarakatnya.

Akses menuju sentara kain Cigondewah bisa dijangkau dari keluar Tol Kopo - belok kanan ke Cirangrang - Komplek Cibolerang - Cigondewah Rahayu. Atau bisa juga keluar Tol Pasirkoja - Jalan Holis - Cigondewah. Akses lain bisa ditempuh dari Kopo Sayati - Perumahan Taman Kopo Indah (TKI) - Jembatan Tol Cigondewah - Cigondewah Rahayu. Sedangkan dari Jln. Soekarno Hatta bisa melalui Kopo - belok kanan ke arah jalan Pasar Caringin - Jln. Terusan Holis - Cigondewah.

Gudang Kain dan Gudang Haji
Tak heran jika Cigondewah memunculkan juragan-juragan kain yang dikenal dengan sebutan haji. Ya, barangkali untuk Bandung, Cigondewah bukan saja dikenal sebagai gudang kain, tapi juga "gudang" para jugaran kain yang bergelar haji. Selain bisnis kain, sebagian penduduk Cigondewah pun dikenal dengan usaha plastik, kardus, karung, dan besi bekas.

Terlepas dari itu, bisnis kain di Cigondewah sampai sekarang masih berjalan. Bahkan, kini para pengusaha kain dari luar pun sudah masuk ke kawasan Cigondewah dengan membangun toko-toko di pinggir jalan. Cigondewah pun kini bersalin menjadi salah satu pusat kawasan bisnis yang layak diperhitungkan.

Untuk mengembangkan kawasan bisnis kain ini, pada era pemerintahan Wali Kota Bandung Dada Rosada, Cigondewah dibebenah menjadi kawasan wisata belanja kain. Pembenahan dilakukan dengan membuat sentra toko kain di Cigondewah dekat Jalan Ma Aren (dekat Perumahan Taman Holis Indah). Selain itu, akses jalan di Cigondewah pun dipermulus. Begitu pula pengembangan home industry pun didukung dengan adanya sentra produksi clothing (sablonan dan jahitan).

Blok Topi dan Blok Ransel
Wirausaha masyarakat di Cigondewah pun bermutualisme dengan wilayah di sekitar Cigondewah. Ketersediaan bahan kain dimanfaatkan oleh para pelaku usaha topi. Para wirausaha topi ini berada di daerah Sindang Palay, Jln. Mahmud, Kampung Pangkalan/Curug, Cibisoro, dan sekitarnya. Inilah kawasan di Bandung selatan yang sejak dulu masyarakatnya bergerak dalam wirausaha.

Selain di daerah Sindang Palay, di dekat sana ada juga sentra home industry yang memproduksi aneka tas (Jln. Sadang). Tembus dari Jalan Sadang ada daerah Sayati yang juga dikenal sebagai sentra produk boneka. Tak heran jika sejak dulu di Cigondewah dan sekitarnya dikenal dengan sebutan-sebutan Blok Kaen, Blok Topi, dan Blok Ransel yang menunjukkan jenis usaha yang digarap oleh masyarakat setempat.

Nah, bagi Anda yang ingin belanja kain atau memesan topi dan tas, bisa mencoba ke daerah Cigondewah dan sekitarnya. Khusus untuk kain, Anda dituntut untuk pandai-pandai memilih dan memilah kain. Dan tentunya pula harus lihai dalam adu tawar harga.