Newsticker

Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Jabar Luncurkan Gerakan Membaca Buku (Gemaku)




Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Bapusipda) Jawa Barat mengadakan aktualisasi literasi melalui kegiatan Gerakan Membaca Buku (Gemaku). Kegiatan yang digelar Jumat (2/9/2016)  Jalan Kawaluyaan Indah II, Kota Bandung ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat khususnya di Jawa Barat.

Sambutan dibuka dengan laporan panitia oleh Nenny Kencanawati, Kepala Bapusipda Provinsi Jawa Barat yang menyampaikan tentang perkembangan literasi melalui perpustakaan, taman dan komunitas bacaan, serta klub-klub bacaan yang digelorakan di setiap daerah Jawa Barat. Sementara Dalam sambutan kedua disampaikan Dedi Junaedi, Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia membahas peringkat minat baca bangsa Indonesia yang masih tertinggal dengan negara-negara lain.

Dalam rangkaian kegiatan pada hari itu juga digelar kegiatan lain diantaranya yakni, pelantikan pengurus penggerak literasi Jabar, pengukuhan Bunda Literasi, talkshow,  dan pameran buku. Acara dibuka oleh penampilan Komunitas API dan Reading Club.Penampilan dilanjutkan oleh anak-anak Sanggar Putri.

Pengukuhan Bunda Literasi
Pada acara tersebut dikukuhkan Pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Jawa Barat dengan penyematan gelar Bunda Literasi kepada Netty Prasetyani

"Membahas tentang minat baca yang memenuhi minat baca itu merupakan masyarakat itu sendiri. Masyarakat jangan menjadikan literasi sebagai kosakata elite. Jangan menjadikan  literasi sebagai terminologi yang sulit, tapi literasi harus kita bumingkan melalui institusi yang paling dekat dengan masyarakat yakni lembaga," kata Netty dalam sambutannya.

Sementara Netty Prasetiani selaku bunda literasi juga membuat Gerakan Ibu Bercerita (Gerita) dan Gerakan Infaq Buku (Gerinbuk). Ia meminta bantuan kepada kita semua khususnya penggiat literasi agar bisa mewujudkan kedua gerakan tersebut.

Dalam acara ini juga di hadiri oleh beberapa pejabat tinggi diantaranya, Sekjen MPR RI Makru Cahyono selaku pembicara di acara talkshow. Selain Sekjen MPR RI juga acara ini dihadiri oleh Popong Otje Djundjunan atau yang sering dipanggil Ceu Popong,  politikus Indonesia serta anggota DPR RI.

Pada acara talk show, anggota Komisi X DPR RI tersebut mengilustrasikan tentang orang tua di Jepang memiliki agenda berkumpul seminggu sekali untuk membaca buku pada minggu pertama, menuliskan hasil bacaan di minggu kedua, mendiskusikan dan menceritakan hasil bacaan di minggu ketiga.