Informasi

Yayasan TBI Membuka Taman Baca Inovator Blaise Pascal di Cirawa Mekar, Cipatat




Buku adalah jendela dunia dan membaca adalah kuncinya. Ungkapan tersebut sering kita kenal dalam kehidupan sehari-hari. Namun sejauh mana upaya untuk mengenalkan buku dan media bacaan lainnya kepada masyarakat? Inilah yang dilakukan oleh Yayasan Taman Baca Inovator Indonesia (TBI).

Pada 14 Agustus 2016, Yayasan TBI membuka Taman Baca Inovator Blaise Pascal di Desa Cirawa Mekar, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Yayasan TBI sendiri sudah membuka 13 taman baca lainnya yang tersebar di Bekasi, Bogor, Bandung, Tangerang, Sumatera Selatan, Maluku, hingga Sulawesi Utara.

Dilansir dari situs tamanbacainovator.com, Yayasan TBI bergerak dalam membudayakan gerakan membaca sebagai salah satu upaya perjuangan bangsa. Dalam keterenagan profil yayasan tersebut, dikatakan bahwa perjuangan memiliki makna yang lebih luas di era ini yakni berjuang untuk pengetahuan dan ilmu, berjuang untuk membangun kembali kehormatan bangsa, dan berjuang untuk berada pada tingkat yang sama dengan negara lain. Selain itu, berjuang dengan cara membaca.

Pembukaan Taman Baca Inovator Blaise Pascal di Desa Cirawa digelar pada pada pukul 10.00. Namun dari pukul tujuh pagi, anak-anak dan orang tua sudah berkumpul. Lebih dari 30 anak-anak datang ke taman baca yang hadiri di kampungnya tersebut.

"Anak-anak ini datang dari jauh. Mereka berjalan sekitar 6 kilometer hanya untuk membaca di sini," kata Yadi, salah satu staf di TBI. Dan saat acara dimulai tepat pukul 10.00, Taman Baca menjadi lebih ramai dengan anak-anak dan masyarakat yang terus berdatangan. Masyarakat terlihat antusias dengan kehadiran taman baca di daerahnya tersebut.

“Kami dari pihak Desa Cirawa Mekar, mengucapkan terima kasih terhadap Yayasan TBI atas dibukanya TBI Blaise Pascal. Kami sangat mendukung keberadaan TBI Blaise Pascal di Desa Cirawa Mekar dan tahun depan rencananya kami dari pihak Desa akan memasukkan anggaran untuk pembelian meja dan peralatan lainnya untuk TBI Blaise Pascal,” kata Kepala Desa Cirawa Mekar Toto dalam sambutannya.

TBI Yayasan membuka saluran donasi untuk anak-anak buku-buku yang akan didistribusikan ke setiap TBI atau daerah yang membutuhkan buku bacaan. Selain itu, TBI Foundation juga membuka kesempatan bagi relawan yang ingin berbagi pengetahuan dengan anak-anak. Untuk informasi lebih lanjut tentang TBI Foundation, hubungi narahubung di bawah ini.

Yayasan Taman Baca Inovator
Maspion Plaza Lt. 6 D2,
Jalan Gunung Sahari Kav. 18, Jakarta

E-mail:
- yessi@tamanbacainovator.com
- tamanbacainovator@gmail.com
- info@tamanbacainovator.com

Kontak telepon:
- (021) 64701273
- 0821299022118
- 0812-9579-4192

Facebook: Taman Baca Inovator
Instagram: @tamanbacainovator
Website: http://tamanbacainovator.com