Newsticker

Pelatihan Uji Praktik SIM di Polres Bandung Banyak Diminati Masyarakat




Peminat yang begitu banyak dan antusias terlihat di lokasi latihan Uji Parktik Surat Izin Mengmudi (SIM), yang disiapkan Satuan Lalu lintas Polres Bandung. Pelatihan uji praktik SIM tersebut digelar di Jln. Al-Fathu, di depan gerbang pintu masuk Pemda Kabupaten Bandung. Minggu (28/08/2016) pukul 07.00 WIB.

"Jajaran Unit Regident Satuan Lalu Lintas menyiapkan semua fasilitas dan sarana prasarana uji praktik SIM tersebut, seperti untuk zig zag, belokan, putaran angka delapan, putaran U, bahkan kendaraan roda dua pun sudah kami disiapakan. Bagi masyarakat yang terbiasa menggunakan roda dua jenis matic, sudah disiapkan roda dua jenis tersebut," jelas Bripda Ajeng

Peminat yang begitu banyak tidak mengurangi semangat salah satu warga yang kebetulan sedang olahraga di lokasi car free day tersebut. Salah satu peserta pelatihan uji praktik SIM, Mega (17)  menuturkan, ia mengakui baru kali ini melaksanakan praktik SIM.

"Lumayan cukup susah saat melaksanakan praktik ini. Gimana ya, merasa beda aja, grogi dan takut jatuh. Tapi saya akan mencoba lagi," tanda Mega.

Akan keadaan tersebut, Bripda Ajeng memberi semangat kepada Mega.
"Kaku dan grogi karena baru mencoba. Apalagi di kerumuni banyak orang, pasti grogi, karena baru mencoba," kata Bripda Ajeng. Ia pun mengimbau agar peserta latihan terus belajar dan berlatih.

Anggota lain, Bripda Resi Sarah menjelaskan, dalam pelatihan ini hanya memfasilitasi ujian praktik. Untuk ujian teori dilaksanakan di Polres Bandung danjika ujian teori dan praktik sudah lulus, pemohon hanya membayar di bank. Sebelumnya dalam uji SIM harus tes kesehatan dulu dan selanjutnya sidik jari.

Sementara Kasat Lantas Polres Bandung AKP Rezkhy Satya Dewanto, SIK melalui Baur SIM Aiptu Bambang mengatakan, praktik ujian SIM yang digelar Satuan Lalulintas Polres Bandung untuk memudahkan dan menjelaskan ke masyarakat. Dalam pembuatan SIM tersebut, ia juga mengatakan agar masyarakat tidak melalui jasa perantara atau calo.

Hasil pantauan kami, peminat tidak hanya dari kaum lelaki tapi juga kaum perempuan. Hampir semua yang melaksanakan uji praktik tersebut pun mereka yang sudah lebih umur 16 tahun ke atas. Kegiatan ujian SIM digelar sampai pukul 10.00.

"Saat melaksanakan latihan praktik, dalam sekali mencoba langsung lulus. Hari Senin langsung ke Polres untuk melaksanakan kesehatan dan sidik jari kemudian mengikuti ujian teori SIM. Dan kalau lulus, akan diberikan SIM gratis," jelas Baur SIM Aiptu Bambang.