Newsticker

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luncurkan Sekolah Tani di Pangalengan, Kab. Bandung




Berlokasi di Desa Marga Mukti, Pangalengan, Kabupaten Bandung, pada Minggu, 14 Agustus 2016, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meluncurkan Sekolah Tani. Peluncuran Sekolah Tani tersebut dihadiri Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Bupati Bandung Dadang M Naser, Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan, anggota DPRD Jabar dan Kabupaten Bandung. Selain itu, peluncuran Sekolah Tani yang digagas PKS ini dihadiri ratusan warga.  Peluncuran ditandai dengan membunyikan kentongan bambu.

Inilah salah satu bentuk dukungan PKS terhadap pengembangan usaha pertanian di Indonesia sekaligus diharapkan dapat mendorong pemerintah agar lebih peduli terhadap sektor pertanian. Dalam acara tersebut, peresmian dibuka langsung oleh Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mohamad Sohibul Iman, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Bupati Bandung Dadang M Naser.

Sekolah Tani ini merupakan bentuk sekolag informal berbasis pemberdayaan masyarakat. Dalam kegiatannya, petani bisa berdiskusi, diberi pelatihan, dan mempraktikkan langsung atas apa yang diperolehnya di Sekolah Tani ini. Oleh sebab itu, pengembangan sekolah berbasis kemasyarakatan ini melibatkan pihak lain.

"PKS menaruh perhatian yang besar terhadap upaya peningkatan kesejahteraan para petani. Sekolah Tani PKS merupakan sekolah informal yang menyelenggarakan pertemuan berkala antara para petani langsung dengan pemerintah dan para ahli pertanian," kata Sohibul Iman.

Ia pun mengemukakan bahwa target dari hadirnya sekolah tani ini agar ke depannya kehidupan para petani bisa lebih sejahera. Salah satunya dilakukan dengan peningkatan daya tahan pertanian. Adanya sekolah ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas, pengetahuan, dan sikap petani. Adapun sikap yang dimaksud, di antaranya mengenai langkah dalam menyikapi informasi mengenai harga pasaran.