Informasi

Laga Persib VS Arema Cronus Digelar di GBLA Pukul 16.00 WIB




Urusan stadion menjadi sandungan tersendiri bagi Persib. Dalam pekan ini dan pekan depan, Persib akan menjamu Arema Cronous (27 Agustus 2016) dan Pusamania Borneo FC (3 September 2016). Pelarangan Stadion Pakansari Cibinong Bogor membuat jajaran manajemen Persib harus mencari stadion alternatif. Salah satu pilihannya di Stadion Galuh Ciamis. Namun, untuk laga lawan Arema Cronus pada Sabtu nanti, izin untuk penggunaan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sudah dikeluarkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Ucapan #HaturNuhunKangEmil di linimasa Twitter pun sempat trending topic. Upaya Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memberi izin penggunaan stadion di Rancanumpang, Gedebage tersebut sedikitnya bisa melegakan para bobotoh. Sebelumnya, sempat terjadi kesimpangsiuran akan stadion mana yang akan digunakan Persib saat melawan Arema Cronus.

Ridwan Kamil telah mengadakan rapat singkat bersama panitia pelaksana pertandingan Persib dan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung di Pendopo Kota Bandung, Kamis (18/8/2016) malam.
Hasilnya, izin pun keluar dengan beberapa catatan. Maklum saja, penggunaan GBLA memang agak beresiko karena stadion tersebut tengah dipersiapkan untuk pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat pada 18 September 2016 mendatang.

Adapun menyangkut keluanya izin dari Wali Kota Bandung, karena adanya jaminan dari pihak Panpel pertandingan untuk bertanggung jawab jika terdapat masalah pasca-pertandingan. Sementara catatan syarat lainnya yakni ada kepastian pertandingan bisa berjalan dengan baik dan tertib dan jaminan jika ada kerusakan. Catatan kedua, diminta kepada bobotoh untuk ikut gerakan membersihkan GBLA pada 21 Agustus.

Izin penggunaan GBLA pun telah dikeluarkan dari pihak penyelenggara PON, dimana Ketua Harian PB PON XIX 2016 Jabar, Iwa Karniwa membolehkan manajemen Persib Bandung menggelar pertandingan Persib VS Arema Cronus. Pihak PON sama memberikan catatan untuk menjaga keamanan dan ketertiban PON. Jangan sampai saat dan setelah pertandingan, fasilitas di Stadion GBLA rusak sehingga akan menimbulkan masalah rembetan pada penyelenggaraan pembukaan PON XIX September nanti.

Jam Pertandingan Dimajukan
Sementara menyangkut jadwal pertandingan, kick off laga penutup putaran pertama Indonesia Soccer Championship (ISC) Persib Bandung VS Arema Cronus ‎akan dimajukan dari pukul 19.00 WIB menjadi pukul 16.00 WIB, Sabtu (27/8/2016).  Menurut Koordinator Panpel Budhi Bram Rachman, perubahan jadwal tersebut untuk mengantisipasi rawannya gangguan keamanan.

Pertandingan ini pun sebagai ajang simulasi untuk persiapan PON XIX nanti. Dalam hal ini menyangkut kesiapan dalam mengatur kelancaran pertandingan, pengaturan arus lalu lintas, parkir kendaraan, hingga pengaturan penonton/bobotoh saat masuk dan keluar stadion.