Informasi

HUT ke-69 Koperasi Tingkat Kota Bandung




Koperasi Tingkat Kota Bandung gelar aca hari jadi yang ke-69 tahun 2016, dengan mengusung tema “Koperasi Mensejahterakan dan Mencerdaskan Anggota Meuju Bandung Juara” yang bertempat di Gedung Sentra Bisnis dan Koperasi (Senbik), Jln. Soekarno-Hatta No.739 C, pada Kamis (11/8/2016).

Adapun tujuan dari acara ini adalah untuk memberikan motivasi terhadap gerakan koperasi dan menyinergikan usaha kecil menengah di berbagai sektor kegiatan ekonomi guna menyejahterakan dan mencerdaskan koperasi menuju koperasi Bandung Juara. Acara ini pun sekaligus sebagai ajang silaturahim, melakukan evaluasi, pengembangan etos kerja, dan kinerja yang dilakukan dalam satu tahun terakhir.

Mengembangkan Perekonomian Kota
Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandung Eric Mohammad Attahauriq  dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan koperasi tidak terlepas dari dasar untuk mengembangkan perekonomian kota yang mempunyai daya saing dalam menunjang terciptanya lapangan kerja dan pelayanan publik serta meningkatkan peran aktif dari sektor swasta.

“Terhadap amanat tersebut, kami telah nyatakan terus menggali serta menggerakan potensi koperasi yang dari tahun 2015 tercatat 2.558 koperasi, yang diantaranya 2.136 berstatus koperasi aktif atau meningkat 2, 34 persen dibandingkan tahun 2014. Selain itu koperasi berklasifikasi sehat tercatat 517 koperasi di tahun 2015 atau bertambah 21 koperasi sehat dibandingkan tahun 2014, peningkatan koperasi pertahun ini, menandakan koperasi di kota bandung khususnya pasti akan maju dan bisa mensejahterakan masyarakat,” tutur Eric

Eric menambahkan, untuk saat ini anggota yang terdata sebanyak 550.940 orang dengan aset mencapai sekitar 13, 2 triliyun dan sisa hasil usaha sekitar 3,2 triliyun. Oleh karena itu, gerakan koperasi dapat diandalkan dalam menanggulangi kemiskinan, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan membantu  pertumbuhan ekonomi kota.

“Dari hal tersebut menghasilkan daya saing yang tinggi guna  mewujudkan koperasi yang berkualitas sehat organisasi, sehat usaha, dan permodalan sekaligus mewujudkan masyarakat khususnya koperasi Kota Bandung yang mandiri dan berkiprah menghadapi tantangan ekonomi global,” paparnya.

Pemberian Penghargaan
Dalam acara HUT Koperasi yang telah mencapai usia 69 tahun ini  dilakukan pemberian penghargaan terhadap koperasi yang berprestasi diantaranya, Koperasi karyawan BJB Syariah, KSU Mitra Saudara (Bank Saudara), Koperasi Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kopkar Shafira Laras Persada, Primkop Kartika Psikologi AD, Primkop Kartika Viyata Virajati Seskoad, Koperasi Pegawai SMAN 4 Bandung, Koperasi Keluarga Besar Dispenda, KSP Sumber Bahagia, Koperasi Karya Wanita, KSP Daya Wanita dan Koperasi Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jawa Barat.