Newsticker

Asian African Carnival 2016 Mengusung Tema The Birds of The World




Pelaksanaan Asian African Carnival 2016 dengan mengusung tema "The Birds of The World" digelar di Jln.Asia Afrika, Kota Bandung pada  Minggu (14/08/2016). Event ini berlangsung dari pukul 14.00 WIB sampai pukul 18. 00WIB. Pelaksanaan Karnaval  ini merupakan kali kedua, dimana karnaval yang pertama dilaksanakan pada tahun 2015 lalu. Rencananya kegiatan ini akan diadakan setiap tahunnya.

Ada pun jumlah peserta karnaval yang turut memeriahkan acara ini adalah 618 orang yang terbagi menjadi 32 kelompok yang terdiri dari komunitas Bandung, pelajar SMA/SMK Bandung, Disparbud Jakarta, dan perwakilan negara anggota KAA. Perwakilan negara anggota KAA yang ikut memeriahkan acara karnaval yaitu dari Singapura, Myanmar, dan India.

“Tujuan dilaksanakanya karnaval pada 14 Agustus adalah untuk mengingat pelaksanaan Konferensi Asia Afrika, menyambut HUT ke-71 RI, sekaligus menyambut  pra-PON Jawa Barat,” papar Tio selaku panitia, saat diwawancara di sela-sela kesibuknnya mengatur jalannya acara.

Dukungan Penuh dari Kemenpar RI
Acara yang digelar di sepanjang Jln. Asia Afrika ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI yang tengah gencar mempromosikan wisata dan budaya yang ada di Indonesia. Rangkaian acara dimulai dengan menyanyikan lagu wajib Nasional secara bersama dan dilangsungkan dengan pembacaan Dasa Sila Bandung  oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang diikuti oleh seluruh pengunjung yang memadati lokasi.

Acara dibuka secara resmi oleh Wali Kota Bandung dan Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Tazbir, SH, M.Hum. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gendang bersama dan dilanjutkan prosesi pelepasan balon ke udara oleh Ridwan Kamil dan disambung pelepasan 61 burung merpati bersama panitia.

Dalam sambutannya, Tazbir mengajak kepada seluruh warga bandung yang hadir dalam acara tersebut  agar lebih semangat lagi untuk menjadikan Kota Bandung menjadi kota yang lebih ramah dan lebih baik.

"Warga Bandung, mari dengan semangat KAA, kita jadikan kota Bandung yang lebih ramah dan lebih baik sesuai dengan slogan Bandung Juara,” ajak Tazbir saat menyampaikan sambutan dan sekaligus mewakili Kemenpar RI.

Kemeriahan Karnaval
Kemeriahan karnaval tahunan ini pucaknya terjadi ketika ratusan peserta karnaval memulai mempertontonkan seni dan keahliannya dengan berbagai macam kesenian dan pakaian yang berwarna warni. Adapun rute yang dilewati oleh seluruh peserta karnaval adalah Jln. Asia Afrika, Jln. Cikapundung Barat, Jln. Naripan, Jln. Braga Pendek, dan kembali ke tempat start.

Ribuan warga menyaksikan rombongan peserta karnaval di sepanjang rute yang dilalui dan tidak sedikit penonton yang berteriak histeris saat melihat penampilan peserta yang lucu, aneh, dan jarang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Selama acara digelar akses Jln Asia Afrika ditutup total untuk kendaraan dan lalu lintas dialihkan menggunakan jalur lain dengan mendapatkan pengawalan dari pihak kepolisian yang disiapkan di setiap perempatan.